Analisis ekuitas merek minuman serbuk instan nutrisari (studi pada pengunjung swalayan alfa Sukoharjo)

Restu Nugroho, Andrian (2006) Analisis ekuitas merek minuman serbuk instan nutrisari (studi pada pengunjung swalayan alfa Sukoharjo). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (308Kb)

    Abstract

    Era Globalisasi menjanjikan suatu peluang dan tantangan bisnis baru bagi perusahaan yang beroperasi di Indonesia. Di satu sisi, era globalisasi memperluas pasar produk dari perusahaan di Indonesia dan di sisi lain, keadaan tersebut memunculkan persaingan yang semakin ketat baik antar perusahaan domestik maupun dengan perusahaan asing. Fenomena persaingan yang ada dalam era globalisasi akan semakin mengarahkan sistem perekonomian Indonesia ke mekanisme pasar yang memposisikan pemasar untuk selalu mengembangkan dan merebut market share (pangsa pasar). Salah satu aset untuk mencapai keadaan tersebut adalah brand (merek). Merek merupakan nama, istilah, tanda, simbol disain, ataupun kombinasinya yang berguna untuk mengidentifikasi suatu produk/jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan dan untuk membedakan dari produk pesaing (Kotler dan Armstrong, 1997:283). Pada umumnya merek berfungsi untuk memberikan citra khusus bagi pemakainya. Pada tingkat persaingan yang rendah, merek hanya sekedar membedakan antara satu produk dengan produk yang lain, sedangkan pada tingkat persaingan yang semakin kuat, merek memberikan konstribusi menciptakan dan menjaga daya saing sebuah produk. Merek akan dihubungkan dengan citra khusus yang mampu memberikan asosiasi tertentu (brand association) dalam benak konsumennya. Karena merek yang kuat mempunyai tempat dibenak konsumen (Simamora, 2003:20). Merek yang berhasil dan mapan di pasar juga memiliki potensi yang besar untuk menghasilkan keuntungan lebih banyak lagi bila perusahaan mampu memanfaatkan merek tersebut secara agresif dan terus-menerus melalui berbagai cara seperti perluasan merek atau perluasan lini. Nama merek (brand name) dan apa yang dikandungnya merupakan aset terpenting sebagai basis strategi bersaing, dan sumber masa datang. Bagi produsen dan penyalur, merek bahkan bisa menjadi semakin bernilai, karena kedua pelaku ekonomi tersebut dapat memanfaatkannya untuk membangun basis kepercayaan konsumen dalam menentukan pilihan suatu produk (Aaker, 1997:38). Merek pada hakekatnya merupakan janji penjual untuk secara konsisten memberi seperangkat atribut, manfaat, dan pelayanan (Kotler, 2000:163). Adapun tataran yang lebih tinggi, merek bahkan dapat mencerminkan enam dimensi makna, yaitu atribut, manfaat, nilai, budaya, kepribadian, dan pemakai (Kotler, 2000:189). Dengan semakin banyaknya merek pesaing-pesaing baru yang muncul, dan berusaha memposisikan produknya di benak konsumen, maka diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kesadaran akan merek (brand awareness), asosiasi-asosiasi yang terkait dengan merek (brand association), persepsi kualitas konsumen terhadap merek (perceived quality), dan loyalitas konsumen terhadap merek (brand loyalty). Peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian lebih jauh mengenai ekuitas merek pada kategori produk minuman serbuk instan Nutrisari. Pemilihan merek ini, menindaklanjuti survei yang telah dilakukan oleh majalah SWA Sembada bersama dengan MARS yang menyebutkan bahwa merek minuman serbuk instan Nutrisari untuk tahun 2005 memperoleh predikat kinerja merek terbaik dikelasnya. Tabel I.1 Kategori Merek Minuman Serbuk Instan Terbaik di Indonesia Tahun 2005 No. Merek Brand Value 1 Nutrisari 232,6 2 Marimas 102,7 3 Jas Jus 34,1 4 Hore 27,2 5 Adem Sari 25,7 Sumber: Majalah Swa Sembada Dari latar belakang yang telah dikemukakan di atas, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian lebih jauh dengan mengambil judul: ”Analisis Ekuitas Merek Minuman serbuk instan Nutrisari (Studi pada Pengunjung Swalayan Alfa Sukoharjo)”.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Ferdintania Wendi
    Date Deposited: 25 Jul 2013 16:18
    Last Modified: 25 Jul 2013 16:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2786

    Actions (login required)

    View Item