PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY KINESTHETIC (VAK) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS IV SDN KARANGASEM II NO. 172 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/ 2016

PRATAMA, RISKA WIDYA (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY KINESTHETIC (VAK) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS IV SDN KARANGASEM II NO. 172 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/ 2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (575Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Riska Widya Pratama. K7112209. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS IV SDN KARANGASEM II NO.172 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2016. Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan keterampilan menulis narasi melalui penerapan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK); (2) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV SDN Karangasem II No. 172 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN Karangasem II No. 172 Surakarta dengan subjek penelitian siswa kelas IV tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 38 siswa dengan 20 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan dan melalui empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Data dalam penelitian ini diperoleh dari teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumen-tasi. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah validitas isi melalui expert judgment dan triangulasi teknik pengumpulan data. Teknik analisis datanya menggunakan analisis interaktif dengan tiga komponen utama, antara lain: (1) reduksi data (2) penyajian data; (3) penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan menulis narasi pada pratindakan sebesar 59,32, kemudian pada siklus Imengalami peningkatan menjadi 68,94, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 76,25. Sebelum dilaksanakan tindakan, siswa yang memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 70 hanya 14 siswa (36,84%), pada siklus I meningkat menjadi 24 siswa (63,16%), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 33 siswa (86,84%). Berdasarkan hasil di atas, dapat diambil simpulan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV SDN Karangasem II No. 172 Surakarta tahun ajaran 2015/2016; (2) penerapan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) yang mengoptimalkan ketiga modalitas belajar VAK dan melalui tahap persiapan, penyampaian, pelatihan, dan penampilan hasil dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV SDN Karangasem II No. 172 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci: model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK), keterampilan, menulis narasi ABSTRACT Riska Widya Pratama. K7112209. THE APPLICATION OF VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) LEARNING MODEL TO IMPROVING NARRATIVE WRITING SKILL IN THE FOURTH GRADE STUDENTS OF KARANGASEM II SURAKARTA STATE ELEMENTARY SCHOOL 172 IN ACADEMIC YEAR 2015/2016. Thesis, The Faculty of Teacher Trainning and Education Sebelas Maret University of Surakarta. June 2016. The aims of this research are: (1) to improve skill of narrative text through the application of (V) Visualization, (A) Auditory, (K) Kinesthetic (VAK) learning model; (2) to describe the application of Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) learning model in Indonesian language learning in increasing skill writing narrative text of the fourth grade students of Karangasem II Surakarta state elementary school 172 in academic year 2015/2016. This research was classroom action research which conducted in Karangasem II Surakarta state elementary school 172 with the fourth grade students in academic year 2015/2016 which has 38 students with consists of 20 female students and 18 male students. This research was conducted in two cycles which consists of three meetings in every cycle and by means of four steps: (1) planning; (2) action phase; (3) observation; (4) reflection. The data collected by interview technique, observation, test, and documentation. The data validation test used content validity by means of expert judgment and data collect techinque triangulation. The technique of data analysis used interactive analysis which consists of three basic phases are: (1) data reduction; (2) display; and (3) drawing conclusion/verification. The research findings show that the prior to the treatment, the average score on the narrative writing skill was 59,32, then in first cycle the average grade increased to 68,94, and in second cycle the average grade increased to 76,25, before action research, students who acquired more than or equal to 70 were 14 students (36,84%), first cycle the number of students increased to 24 students (63,16%), and second cycle the number of the students increased again became 33 students (86,84%). Based on the research finding above, it can be concluded that: (1) the application of visualization, auditory, kinesthetic learning model in Indonesian language learning can increase skill of writing narrative text in the fourth grade students of Karangasem II Surakarta state elementary school 172 in academic year 2015/2016; (2) the application of visualization, auditory, kinesthetic learning model that optimize third VAK study modality and by means of preparation step, delivery step, coaching step, and presentation step in Indonesian language learning can increase skill of writing narrative text in the fourth grade students of Karangasem II Surakarta state elementary school 172 in academic year 2015/2016. Keywords: Visualization Auditory Kinesthetic learning model, skill, narrative writing

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 27 Oct 2016 09:30
    Last Modified: 27 Oct 2016 09:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27857

    Actions (login required)

    View Item