PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MASALAH SOSIAL MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 WINONG KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2015/2016

CAHYANTI, RINI (2016) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MASALAH SOSIAL MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 WINONG KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (771Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Rini Cahyanti. PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MASALAH SOSIALMELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 WINONG KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep masalah sosial pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Winong Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016 melalui penerapan strategi pembelajaran Card Sort Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan dengan masing-masing terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 21 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.Validitas data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran card sort,terdapat peningkatan pemahaman konsep masalah sosial pada siswa kelas IV, hal tersebut terlihat dari peningkatan nilai di setiap siklus. Pada kondisi awal, ketuntasan klasikal sebesar 33,33% dengan nilai rata-rata 61. Pada siklus I ketuntasan klasikal meningkat menjadi 66,67% dengan nilai rata-rata 76,28. Pada siklus II ketuntasan klasikal kembali meningkat menjadi 90,47% dengan nilai rata-rata 82,20. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran card sort dapat meningkatkan pemahaman konsep masalah sosial siswa kelas IV SD Negeri 2 Winong Boyolali tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci: pemahaman konsep, masalah sosial, strategi pembelajaran card sort ABSTRACT Rini Cahyanti. IMPROVING THE UNDERSTANDING OF SOCIAL PROBLEM CONCEPT BY APPLYING CARD SORT LEARNING STRATEGY FOR THE FOURTH GRADE STUDENTS OF SD NEGERI 3 WINONG BOYOLALI REGENCY IN THE ACADEMIC YEAR OF 2015/2016.Minithesis.The Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University. July 2016. The purpose of this research is to improve the understanding of social problem concept the IV grade students of SD Negeri 3 Winong Boyolali in the academic year of 2015/2016 by applying card sort learning strategy. The form of this research was Classroom Action Researches (CAR) that consist of two cycles, each cycles consisting of two meets with each consisting of planning, action, observation, and reflection. The subjects of this research is the IV grade which have 21 students, sonsisting 12 male and 9 female. The technique of collecting data are observation, interview, documentation, and test. The Validity of the data used data source triangulation, data gathering technique triangulation, and content validity. The technique of analysis data used interactive analyses model consist of three components, they are data reduction, data display, and conclusion. The research result show that application of card sort learning strategy can improve the understanding of social problem concept among fourth grade students, it is show by the grades of each cycle. The classical completeness before the action is 33,33% with an average grade 61. In the first cycle the classical completeness increased into 66,67% with an average grade 76,28. In the second cycle the classical completeness increased into 90,47% with average grade 82,20. Based on the result of the research, it can be concluded that card sort learning strategy can improves the understanding of social problem concept in the fourth grade students of SD Negeri 3 Winong Boyolali in the academic year of 2015/2016. Keyword: concept understanding, social problem, card sort learning strategy

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 25 Oct 2016 17:32
    Last Modified: 25 Oct 2016 17:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27845

    Actions (login required)

    View Item