PENGUNAAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERMAIN BOLAVOLI PADA SISWA KELAS XI PM SMK MURNI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

MASHURI, AHMAD (2016) PENGUNAAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERMAIN BOLAVOLI PADA SISWA KELAS XI PM SMK MURNI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1421Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ahmad Mashuri K4612008. PENGGUNAAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERMAIN BOLAVOLI PADA SISWA KELAS XI PM SMK MURNI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017, Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. September 2016. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar bermain bolavoli pada siswa kelas XI PM SMK Murni 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI PM SMK Murni 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2016 / 2017 yang berjumlah 23 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian bermain bolavoli. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan presentase. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari data awal ke siklus I. Pada Data awal siswa yang memenuhi KKM 70 pada pembelajaran bermain bolavoli sebesar 39,13% atau 9 siswa. Dan siswa yang belum tuntas sebesar 60,87% atau 14 siswa. Pada siklus I, hasil belajar bermain bolavoli setelah dilakukan tindakan melalui pengunaan alat bantu pembelajaran yang tuntas sebesar 73,91% atau 17 siswa sedangkan yang belum tuntas 26,09% atau 6 siswa dari jumlah siswa 23 dengan KKM 70. Pelaksanaan siklus II yang merupakan upaya perbaikan dari pelaksanaan siklus I yang dapat menciptakan proses pembelajaran yang lebih inovatif, efektif, efisien dan menyenangkan sehingga bisa mendukung pembelajaran yang berkualitas dan dapat meningkatkan hasil belajar bermain bolavoli yaitu sebesar 86,96% atau 20 siswa yang tuntas dan yang belum tuntas sebesar 13,04% atau 3 siswa dari 23 siswa dengan KKM: 70. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan alat bantu pembelajaran bermain bolavoli dapat meningkatkan hasil belajar bermain bolavoli pada siswa kelas XI PM SMK Murni 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Kata kunci : hasil belajar, alat bantu pembelajaran, bermain bolavoli. ABSTRACT Ahmad Mashuri K4612008. USE OF LEARNING TOOL TO IMPROVE RESULTS LEARN TO PLAY VOLLEYBALL IN CLASS XI PM MURNI SMK 2 SURAKARTA YEAR STUDY 2016/2017, Thesis. Surakarta: Teacher Training and Education Faculty of the University of March Surakarta. september 2016. This study aims to improve learning outcomes play volleyball on a class XI student of SMK PM murni 2 Surakarta in the academic year 2016/2017. This research is a classroom action research (PTK) conducted in two cycles, with each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. The subjects were students of class XI PM murni 2 SMK Surakarta in the academic year 2016/2017 amounting to 23 student daughter. Sources of data in this study came from teachers and students. Data collection techniques are observation and assessment play volleyball. Data analysis using descriptive technique that is based on a qualitative analysis with percentages. The results of analysis significant increase of the initial data to the cycle I. In the early data KKM 70 students who meet on learning to play volleyball at 39.13% or 9 students. And students who have not completed amounted to 60.87% or 14 students. In the first cycle, the result of learning to play volleyball after the action through the use of teaching aids were completed amounting to 73.91% or 17 students who have not completed while 26.09% or 6 students from the number of students 23 to KKM 70. Implementation of the second cycle which is efforts to improve the implementation of the first cycle to create the learning process more innovative, effective, efficient and fun so that it can support quality learning and to improve learning outcomes play volleyball in the amount of 86.96% or 20 students who completed and unfinished by 13 , 04% or 3 students out of 23 students with KKM: 70. Conclusions from this research is the application of learning to play volleyball tools to improve learning outcomes play volleyball on a class XI student of SMK PM murni 2 Surakarta in the academic year 2016/2017. Keywords: learning outcomes, teaching aids, playing volleyball.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 16 Nov 2016 07:32
    Last Modified: 16 Nov 2016 07:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27824

    Actions (login required)

    View Item