Hubungan Pengetahuan, Sikap, Ketersediaan APD Dengan Kepatuhan Pemakaian APD Pekerja Bagian Weaving PT Iskandar Indah Printing Textile

SOENDORO, ADHITYA (2016) Hubungan Pengetahuan, Sikap, Ketersediaan APD Dengan Kepatuhan Pemakaian APD Pekerja Bagian Weaving PT Iskandar Indah Printing Textile. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (471Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Adhityo Soendoro, R0212001, 2016. Hubungan Pengetahuan, Sikap, Ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) Dengan Kepatuhan Pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) Pekerja Bagian Weaving PT Iskandar Indah Printing Textile, Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Latar Belakang : Tenaga Kerja Bagian Weaving adalah tenaga kerja yang mengerjakan proses penenunan dari benang menjadi kain menggunakan mesin tenun dengan intensitas kebisingan yang tinggi dan debu kapas disekitar lingkungan kerja. Kurangnya kepatuhan pemakaian APD dapat menjadi faktor risiko terjadinya penyakit akibat kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap, dan ketersediaan APD dengan kepatuhan pemakaian APD pada pekerja bagian weaving PT Iskandar Indah Printing Textile Metode : Penelitian ini adalah penelitian survey analitik, dengan desain cross sectional. Populasi adalah seluruh tenaga kerja bagian weaving di PT Iskandar Indah Printing Textile berjumlah 75 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, dan diperoleh sampel sebesar 63 orang. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengetahui tingkat pengetahuan, sikap, dan ketersediaan APD serta checklist untuk menilai kepatuhan pemakaian APD. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik Gamma dan Somers’d serta Regresi Logistik Berganda . Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa proporsi kepatuhan pemakaian APD tidak lengkap sebanyak 76,2 % responden. Uji statistik Gamma dan Smomers’d menunjukkan bahwa ada 2 variabel yang berhubungan signifikan dengan kepatuhan pemakaian APD yaitu pengetahuan (p=0,000) dan sikap (p=0,002), serta variabel yang tidak signifikan yaitu ketersediaan APD (p=0,518). Selanjutnya variabel yang signifikan dilakukan pengujian kembali dengan uji Regresi Logistik Berganda menunjukan variabel pengetahuan paling berpengaruh terhadap kepatuhan pemakaian APD dengan Exp (B) = 0,000. Simpulan : Terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan dan sikap dengan kepatuhan pemakaian APD pada pekerja bagian weaving PT Iskandar Indah Printing Textile, Surakarta. Untuk perusahaan sebaiknya penyampaian informasi mengenai keselamatan dan kesehatan kerja ditingkatkan khususnya tentang pemakaian Alat Pelindung Diri (APD). Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Ketersediaan, Kepatuhan, Alat Pelindung Diri (APD)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran > D4 - Keselamatan Kerja
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 16 Nov 2016 07:33
    Last Modified: 16 Nov 2016 07:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27818

    Actions (login required)

    View Item