MODEL VECTOR AUTOREGRESSIVE-GENERALIZED SPACE TIME AUTOREGRESSIVE (VAR-GSTAR) DENGAN 2-MEANS CLUSTERING PADA CURAH HUJAN DI JAWA TENGAH

DHAMAR, MUTHAQIN (2016) MODEL VECTOR AUTOREGRESSIVE-GENERALIZED SPACE TIME AUTOREGRESSIVE (VAR-GSTAR) DENGAN 2-MEANS CLUSTERING PADA CURAH HUJAN DI JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (691Kb)

    Abstract

    Curah hujan bulanan antar wilayah di 29 kabupaten/kotamadya Jawa Tengah mempunyai keragaman yang besar sehingga diperlukan pengelompokkan curah hujan. Metode pengelompokkan dilakukan dengan 2-means clustering sehingga konstruksi model menjadi lebih sesuai daripada tanpa clustering. Data curah hujan merupakan data yang dipengaruhi oleh ruang dan waktu. Oleh karena itu, model vector autoregressive-generalized space time autoregressive (VAR-GSTAR) dapat diterapkan ke dalam data curah hujan. Pada model VAR-GSTAR diperlukan nilai pembobot untuk mengukur keterkaitan antar ruang curah hujan. Pembobot yang diguinakan adalah normalisasi korelasi silang. Model VAR-GSTAR memiliki dua orde, yaitu orde waktu yang diperoleh dari model VAR dan orde ruang yang ditentukan dari model GSTAR sehingga membentuk model VAR-GSTAR (p_1). Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model VAR-GSTAR dengan 2-means clustering pada curah hujan di 29 kabupaten/kotamadya Jawa Tengah. Dari penelitian ini diperoleh model VAR-GSTAR (1_1) dengan nilai RMSE 173.312 untuk cluster rendah dan VAR-GSTAR (2_1) dengan nilai RMSE 203.272 untuk cluster tinggi. Berdsarkan nila RMSE tersebut, kedua model baik untuk digunakan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
    Depositing User: Mujahid Zenul
    Date Deposited: 23 Oct 2016 13:08
    Last Modified: 23 Oct 2016 13:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27778

    Actions (login required)

    View Item