ANALISIS BRAND AWARENESS PADA PT. ASURANSI JIWASRAYA CABANG SURAKARTA

Rachmawati, Brillyani (2016) ANALISIS BRAND AWARENESS PADA PT. ASURANSI JIWASRAYA CABANG SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (570Kb)

    Abstract

    ABSTRAK ANALISIS BRAND AWARENESS PADA PT. ASURANSI JIWASRAYA CABANG SURAKARTA BRILLYANI RACHMAWATI F3213010 Brand Awareness adalah kesanggupan seorang calon pembeli untuk mengenali atau mengingat kembali suatu merek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesadaran merek terhadap perusahaan jasa asuransi Jiwasraya yang diukur berdasarkan tingkatan top of mind, brand recall, brand recognition, dan unaware of brand. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Surakarta yang terdiri dari lima kecamatan, yaitu kecamatan Jebres, Laweyan, Banjarsari, Pasar Kliwon, Serengan. Penelitian ini menggunakan metode survei, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling yaitu dengan metode convenience sampling. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang diperoleh dari kuesioner. Untuk mengukur tingkat kesadaran merek perusahaan jasa asuransi Jiwasraya, digunakan analisis deskriptif dengan cara mengelompokkan atau memisahkan komponen yang relevan dari keseluruhan hasil jawaban kuesioner yang diperoleh dari responden. Berdasarkan analisis deskriptif, dapat disimpulkan bahwa perusahaan jasa asuransi Jiwasraya tidak menempati posisi Top Of Mind maupun Brand Recall. Meskipun dalam Top Of Mind 18% responden menyebut perusahaan jasa asuransi Jiwasraya pada peringkat ketiga dan dalam Brand Recall 19% responden menyebut perusahaan jasa asuransi Jiwasraya pada peringkat kedua setelah asuransi lain, untuk responden yang perlu diingatkan mengenai keberadaan perusahaan jasa asuransi Jiwasraya terdapat 7 orang atau 7% responden, dan masih ada responden yang tidak mengenal maupun mengetahui perusahaan jasa asuransi Jiwasraya yaitu sebanyak 56 orang atau 56% responden. Maka dari itu, hendaknya perusahaan lebih menggencarkan program promosi yang dapat menjangkau masyarakat luas dan dapat menarik perhatian masyarakat dalam bentuk hubungan masyarakat seperti mengadakan event jalan sehat. Kata kunci : Top Of Mind, Brand Recall, Brand Recognition, dan Unaware Of Brand ABSTRACT

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 31 Oct 2016 09:42
    Last Modified: 31 Oct 2016 09:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27758

    Actions (login required)

    View Item