PELAKSANAAN FUNGSI CUSTOMER RELATION DALAM MENANGANI TENANT DI SOLO GRAND MALL

ANGGRAINI, ERNA AJENG (2009) PELAKSANAAN FUNGSI CUSTOMER RELATION DALAM MENANGANI TENANT DI SOLO GRAND MALL. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Accepted Version
Download (268Kb)

    Abstract

    Di tengah-tengah krisis global yang melanda perekonomian dunia justru menjadi pemicu perekonomian indonesia untuk bangkit dari keterpurukan, ditandai dengan semakin banyaknya pelaku ekonomi diberbagai daerah yang mulai berbenah dan mengembangkan usahanya. Kondisi perekonomian yang dirasakan oleh pihak produsen atau perusahaan yang senantiasa menawarkan produk atau jasa kepada konsumen. Bahkan dikota solo perkembangan perekonomian dan meningkatnya bisnis property yang signifikan, tampak semakin jelas dengan maraknya pusat-pusat perbelanjaan dalam konsep Mall dan Trade Cantre. Dari yang sudah beroperasi seperti Solo Grand Mall. Pihak pengembangan mengamati belum adanya pusat perbelanjaan yang memberikan konsep kenyamanan berbelanja dengan fasilitas sebuah Mall kepada masyarakat Solo. PT. Bengawan Inti Kharisma mendirikan SOLO GRAND MALL sebagai pusat perbelanjaan dengan sarana prasarana menunjangnya yang lengkap demi kenyamanan pengunjung dan tidak hanya sebagai tempat belanja saja, melainkan berfungsi sebagai tempat rekreasi serta hiburan bagi keluarga. Maraknya pusat perbelanjaan di Solo dimulai dengan beroprasinya Solo Grand Mall sejak Desember 2004, berdirinya Solo Grand Mall menjadi simbol kebangkitan Solo sebagai kota bisnis terbesar di Jawa Tengah setelah dilanda kerusuhan Mei 1998 dan pasca pemilu 1999. Kehadiran Solo Grand Mall oleh beberapa kalangan di anggap telah memberi implikasi adanya percepatan pertumbuhan perekonomian di Solo dan sekitarnya. 2 Solo Grand Mall merupakan mall pertama di Solo sebagai salah satu penyedia jasa property dengan konsep mall mixed trade centre yaitu gabungan antara mall dan pusat perdagangan. Solo Grand Mall berhasil menarik perhatian masyarakat solo dan sekitarnya, terbukti dengan jumlah pengujung yang rata-rata mencapai 20.000 per hari pada hari aktif, sementara pada akhir pekan mencapai 25.000. Bahkan pada pertama kali dibuka pengujung mencapai 40.000 orang bahkan lebih dalam satu hari. Meskipun demikian masih diperlukan strategi khusus untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat akan keberadaan SGM sebagai tempat belanja sekaligus tempat hiburan dan rekreasi. Perusahaan ini harus lebih jelas dalam mengkomunikasikan Solo Grand Mall dengan image yang diharapkan melekat dalam konsumen. Disinilah peranan semua team Solo Grand Mall sangat diperlukan, sehingga akan dapat mewujudkan Customer Satisfaction dan dapat membentuk ImageSolo Grand Mall sebagai One Stop Shopping Recreation & Family Entertaiment, . Maka dari itu dibutuhkan adanya kinerja Humas atau Public Relations dan Customers Relations yang berfungsi untuk membentuk citra perusahaan. Humas berperan penting dalam suatu perusahaan karena untuk memberikan pelayanan publik baik publik intern maupun ekstern. Oleh karenanya seorang Humas dituntut cepat dan tanggap terhadap masalah-masalah yang tengah dihadapi oleh perusahaan tersebut. Di dalam penulisan laporan Kuliah Kerja Media ini, penulis membahas mengenai “Peran Customers Relations di Solo Grand Mall”. Alasan penulis memilih judul ini karena penulis menganggap bahwa apa yang di kerjakan penulis selama KKM adalah berkenaan dengan peran Public Relations dan 3 Customers Relations. Dan alasan penulis menyusun laporan Tugas Akhir ini adalah sebagai syarat guna memperoleh gelar Ahli Madya Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Users 849 not found.
    Date Deposited: 12 Jul 2013 21:57
    Last Modified: 12 Jul 2013 21:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2768

    Actions (login required)

    View Item