UPAYA MENINGKATKAN MINAT NASABAH MENABUNG DENGAN STRATEGI PROMOSI PADA PD.BPR BANK DAERAH KARANYAR

Rahmandhani, Esti Dwi (2016) UPAYA MENINGKATKAN MINAT NASABAH MENABUNG DENGAN STRATEGI PROMOSI PADA PD.BPR BANK DAERAH KARANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (669Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK UPAYA MENINGKATKAN MINAT NASABAH MENABUNG DENGAN STRATEGI PROMOSI PADA PD.BPR BANK DAERAH KARANGANYAR ESTI DWI RAHMANDHANI F3613025 Minat merupakan suatu ketertarikan perasaan seseorang terhadap suatu objek. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perkembangan jumlah nasabah menabung, kendala promosi produk tabungan, serta mengetahui strategi promosi produk tabungan. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan penelitian langsung, yaitu dengan melakukan penelitian objek secara langsung sehingga data yang didapat asli dari sumber terpercaya dengan teknik wawancara, observasi, studi pustaka dan menggunakan teknik pembahasan analisis deskriptif. Perkembangan jumlah nasabah menabung dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan nasabah. Sehingga membuat profitabilitas PD.BPR Bank Daerah Karanganyar juga mengalami peningkatan yang lebih baik. Kendala promosi dalam meningkatkan minat nasabah menabung karena adanya persaingan bank, kurangnya fasilitas kartu Automated Teller Machine (ATM), serta kesadaran masyarakat untuk menabung masih rendah. Strategi promosi produk tabungan dilakukan dengan bersosialisasi ke tempat – tempat yang sudah mendapatkan izin, periklanan dalam bentuk pemasangan spanduk dan brosur, sales promotion dengan mendatangi calon nasabah secara langsung, publisitas dengan mempresentasikan berita yang menyenangkan kepada masyarakat, dan direct selling yang diharapkan pegawai bisa menyampaikan produk bank kepada calon nasabah baru. Saran bagi penelitian ini adalah bagi bank sebaiknya lebih meningkatkan strategi promosi dengan cara melakukan sosialisasi, periklanan, strategi sales promotion, publisitas dan direct selling. Bank juga sebaiknya lebih banyak mengadakan kegiatan seperti pengobatan gratis, donor darah, bakti sosial, grebeg pasar, dan kegiatan lainnya, serta memberikan fasilitas kartu Automated Teller Machine (ATM) agar PD.BPR Bank Daerah Karanganyar berkembang menjadi bank yang diminati oleh masyarakat. Kata kunci : Minat, Strategi Promosi, Kendala, Perkembangan Jumlah Nasabah

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Keuangan Perbankan
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 08 Aug 2016 15:48
    Last Modified: 08 Aug 2016 15:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27668

    Actions (login required)

    View Item