ANALISIS PENGANGGARAN BERBASIS KINERJA MELALUI KINERJA KEUANGAN VALUE FOR MONEY, KEMANDIRIAN DAERAH DAN DESENTRALISASI FISKAL DI KABUPATEN DAN KOTA DI JAWA TENGAH

Tisnadjaja, Daisy (2016) ANALISIS PENGANGGARAN BERBASIS KINERJA MELALUI KINERJA KEUANGAN VALUE FOR MONEY, KEMANDIRIAN DAERAH DAN DESENTRALISASI FISKAL DI KABUPATEN DAN KOTA DI JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (667Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK ANALISIS PENGANGGARAN BERBASIS KINERJA MELALUI KINERJA KEUANGAN VALUE FOR MONEY, KEMANDIRIAN DAERAH DAN DESENTRALISASI FISKAL DI KABUPATEN DAN KOTA DI JAWA TENGAH DAISY TISNADJAJA F0312037 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengganggaran berbasis kinerja terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah dalam hal ekonomis, efesiensi, efektivitas, kemandirian daerah dan desentralisasi fiskal di kabupaten/ kota di Jawa Tengah. Sampel penelitian ini menggunakan 22 kabupaten/kota di Jawa Tengah tahun anggaran 2004 sampai dengan 2006 dan 2012 sampai dengan 2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah uji beda nonparametik wilcoxon signed rank test dengan bantuan program SPSS Versi 21.00. Hasil dari pengujian yang dilakukan menunjukan bahwa terdapat perbedaan kinerja keuangan pemerintah dalam hal efesiensi, efektivitas dan kemandirian daerah sebelum dan setelah penganggaran berbasis kinerja. Tidak terdapat perbedaan dalam hal ekonomis dan desentralisasi fiskal sebelum dan setelah penganggaran berbasis kinerja. Kata Kunci: APBD, Realisasi APBD, Anggaran Berbasis Kinerja, Value for Money.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 08 Aug 2016 14:28
    Last Modified: 08 Aug 2016 14:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27662

    Actions (login required)

    View Item