PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING MELALUI LAWATAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN SEJARAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 WURYANTORO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2015/2016

, YUDANINGSIH (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING MELALUI LAWATAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN SEJARAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 WURYANTORO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2015/2016. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (880Kb) | Preview

    Abstract

    PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING MELALUI LAWATAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN SEJARAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 WURYANTORO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2015/2016 Yudaningsih, Sariyatun, Leo Agung S Magister Pendidikan Sejarah Program PASCASARJANA UNS ningsihyuda@gmail.com ABSTRAK Model Discovery Learning merupakan proses belajar di mana siswa berperan aktif untuk menemukan informasi dan memperoleh pengethuannya sendiri dengan pengamatan atau diskusi dalam rangka mendapatkan pembelajaran yang lebih bermakna.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan model Discovery Learning melalui lawatan sejarah dapat meningkatkan kesadaran sejarah dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 1SMA Negeri 1 Wuryantoro Kabupaten Wonogiri Tahun 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) terdiri dari tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPS 1SMA Negeri 1 Wuryantoro Kabupaten Wonogiri sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan hasil tes, kesadaran sejarah yang diperoleh siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 73,58 dan ketuntasan klasikal 61,53%, siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 74,62 dan ketuntasan klasikal 73,07%, dan siklus III dengan nilai rata-rata sebesar 77,45 dan ketuntasan klasikal 92,31%. Sedangkan prestasi belajar yang diperoleh siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 73,58 dan ketuntasan klasikal sebesar 53,85%, siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 76,65 dan ketuntasan klasikal sebesar 76,92%, siklus III dengan nilai rata-rata sebesar 80,23 dengan pencapaian ketuntasan sebesar 88,40%. Penerapan model Discovery Learning melalui lawatan sejarah dapat meningkatkan kesadaran sejarah dan prestasi belajar siswa. Kata kunci: Model Discovery Learning, Lawatan Sejarah, Kesadaran Sejarah, Prestasi Belajar Siswa. THE APPLICATION OF DISCOVERY LEARNING MODEL THROUGH VISITING HISTORICAL PLACES TO INCREASE HISTORICAL CONSCIOUSNESS AND LEARNING ACHIEVEMENT OF STUDENTS CLASS XI IPS 1 SMA NEGERI 1WURYANTORO, WONOGIRI IN 2015/2016 ACADEMIC YEAR Yudaningsih1, Sariyatun2, Leo Agung S3 The graduate program of History Educational, Sebelas Maret University, Surakarta ningsihyuda@gmail.com ABSTRACT The Model of Discovery Learning is a learning process which students play an active role to find the information and to obtain his own knowledge by observation or discussion in order to get a more meaningful learning. This research aims to know whether the model application of Discovery Learning through visiting historical places can increase historical consciousness and learning acchievement of students class XI IPS 1 SMA Negeri 1 Wuryantoro, Wonogiri in 2015/2016 academic year. This research is a Classroom Action Research consists of three cycles with the stages of planning, implementation, observation, and reflection. This research subyect was class XI IPS 1 SMA Negeri Wuryantoro, Wonogiri as many as 26 students. The data collection technique used tests, observation, interviews, documentation, and questionnaires. The data analysis technique used the analysis techniques of descriptive qualitative. The results of the research showed based on test results, obtained historical conciousness of students on the first cycle with an average value of 73.58 and classical passing grade 61,53%, the second cycle with an average value of 74.62 and classical passing grade 73,07%, and the third cycle with an average of 77.45 and classical passing grade 92,31%. While the students’ learning achievements obtained in the first cycle with an average value of 73.58 and classical passing grade 51,85%, the second cycle with an average value of 76.65 and classical passing grade 76,92%, the third cycle with the average value at 80.23 with the achievement of 88,40% passing grade . The application of discovery learning model through visiting historical places can increase historical consciousness and learning achievement of students. Keywords: Model of Discovery Learning, Visiting Historical Places, Historical Consciousness, Student Achievement.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 08 Aug 2016 12:28
    Last Modified: 08 Aug 2016 12:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27652

    Actions (login required)

    View Item