PERJANJIAN KREDIT DENGAN JAMINAN FIDUSIA ATAS KENDARAAN BERMOTOR DI PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT MEKAR NUGRAHA CABANG BOYOLALI

ASRI, WAHID NUGROHO (2016) PERJANJIAN KREDIT DENGAN JAMINAN FIDUSIA ATAS KENDARAAN BERMOTOR DI PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT MEKAR NUGRAHA CABANG BOYOLALI. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (225Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK WAHID NUGROHO ASRI. S351308062. PERJANJIAN KREDIT DENGAN JAMINAN FIDUSIA ATAS KENDARAAN BERMOTOR DI PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT MEKAR NUGRAHA CABANG BOYOLALI. 2016. Program Studi Magister Kenotariatan Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan perjanjian kredit dengan Jaminan Fidusia atas kendaraan bermotor di PT. Bank Perkreditan Rakyat MEKAR NUGRAHA Cabang Boyolali, dan untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap penerima fidusia dalam pelaksanaan eksekusi objek Jaminan Fidusia. Secara praktis penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan bagi pihak bank atau kreditor, agar dapat melayani nasabah dengan lebih baik dan mendapatkan kualitas kredit yang produktif dalam menyelamatkan kredit macet serta menjadikan masukan bagi bank dalam mengatasi hambatan-hambatan yang terjadi dalam menyelesaikan kredit macet. Penelitian ini menggunakan konsep hukum Soetandyo Wignyosoebroto yang kelima, yaitu hukum manifestasi makna-makna simbolik para perilaku sosial sebagai tampak dalam interaksi mereka. Dapat disimpulkan bahwa berdasarkan konsep tersebut, jenis penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris yaitu suatu metode pendekatan yang menekankan pada teori-teori hukum dan aturan-aturan hukum yang dilakukan dengan cara meneliti di lapangan berdasarkan wawancara dengan responden yang merupakan data primer serta meneliti bahan pustaka yang merupakan data sekunder. Penelitian ini bersifat eksplanatori dengan menggunakan pendekatan yang bersifat kualitatif, dan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara terstruktur, dokumentasi dan tinjauan literatur, serta teknik validitas data yaitu triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan diperoleh simpulan bahwa pelaksanaan pemberian kredit dengan Jaminan Fidusia atas kendaraan bermotor pada dasarnya sama dengan pemberian kredit dengan objek jaminan lainnya, akan tetapi untuk pemberian kredit dengan Jaminan Fidusia setelah dilakukan proses di PT. Bank Perkreditan Rakyat MEKAR NUGRAHA Cabang Boyolali, kemudian di buatlah akta Notaris yang merupakan Akta Jaminan Fidusia dan selanjutnya didaftarkan ke Kantor Pendaftaran Fidusia untuk mendapatkan sertifikat Jaminan Fidusia. PT. Bank Perkreditan Rakyat MEKAR NUGRAHA Cabang Boyolali, apabila objek Jaminan Fidusia atas kendaraan bermotor dialihkan kepada pihak ketiga, maka memilih bentuk penyelesaiannya dengan menggunakan pranata eksekusi di bawah tangan dengan alasan bahwa dengan cara ini dianggap lebih mempercepat proses penyelesaiannya, lebih efektif dan efisien jika dibandingkan dengan menggunakan cara melalui pelelangan umum, atau melalui gugatan perdata di Pengadilan. Kata kunci : Perjanjian Kredit, Jaminan Fidusia, Kendaraan Bermotor.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kenotariatan
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 08 Aug 2016 12:17
    Last Modified: 08 Aug 2016 12:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27650

    Actions (login required)

    View Item