PENERAPAN MODEL PBL DENGAN MEDIA MUSEUM KARST DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TERHADAP SITUS SEJARAH PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 NGADIROJO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2015 / 2016

, SUTARJO (2016) PENERAPAN MODEL PBL DENGAN MEDIA MUSEUM KARST DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TERHADAP SITUS SEJARAH PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 NGADIROJO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2015 / 2016. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (151Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Sutarjo, 2015, Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan media Museum Kars dalam Pembelajaran IPS untuk meningkatkan Pemahaman terhadap Situs Sejarah pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngadirojo Kabupaten Wonogiri Tahun 2015/2016, TESIS. Pembimbing I. Prof. Dr. Sariyatun, M. Pd., M.Hum, Pembimbing II. Dr. Leo Agung S, M.Pd. Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan pembelajaran dengan Model Problem Based Learning (PBL) dengan media museum kars dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan pemahaman terhadap situs sejarah pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngadirojo Kabupaten Wonogiri Tahun 2015/2016. (2). Penerapan pembelajaran dengan model Problem Based Learning dengan media museum kars dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngadirojo Kabupaten Wonogiri Tahun 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode classroom action research dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Ngadirojo Kabupaten Wonogiri Tahun 2015/2016. Obyek penelitian adalah proses belajar mengajar yang meliputi kretivitas dan aktivitas siswa dalam kegiatan proses belajar mengajar, pemahaman terhadap situs sejarah dan prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPS dengan model Problem Based Learning (PBL) menggunakan media Museum Kars pada siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Ngadirojo Kabupaten Wonogiri yang dilaksanakan melalui dua siklus (1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Problem Based Learning dengan media museum kars pada pembelajaran IPS di kelas VII E SMP Negeri 1 Ngadirojo Kabupaten Wonogiri mampu meningkatkan pemahaman terhadap situs sejarah siswa. Pada Siklus I, siswa yang mimiliki pemahaman terhadap situs sejarah tergolong tinggi dan sangat tinggi sebesar 60,71% kemudian terjadi peningkatan pada Siklus II yaitu siswa yang mimiliki pemahaman terhadap situs sejarah tergolong tinggi dan sangat tinggi menjadi sebesar 85,71% sehingga sesuai dengan harapan bahwa pemahaman terhadap situs sejarah siswa yang tergolong tinggi lebih dari 85%.(2) Nilai hasil belajar terus meningkat dari pra siklus yang memperoleh nilai sesuai KKM atau di atas KKM sebanyak 10 siswa (35,74%), Siklus I meningkat menjadi 21 siswa (75,00%), siklus II meningkat menjadi 25 siswa (89,29%). Nilai rata-rata hasil belajar juga meningkat dari siklus I 74,64 menjadi 79,64 pada siklus II. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Media Museum Kars, Pembelajaran IPS, Pemahaman terhadap Situs Sejarah, Hasil Belajar. ABSTRACT Sutarjo, 2015. The Implementation of Problem Based Learning (PBL) in Teaching of Social Studies with Kars Museum as the Media to Improve the Understanding of History Site of VII IPS Students of SMP Negeri 1 Ngadirojo Academic Year 2015/2016. THESIS. First consultant: Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd. M.Hum., Second consultant: Dr. Leo Agung S, M.Pd. History Department, School of Education, Graduate Program of Surakarta Sebelas Maret University. The objectives of this action research is to know (1) The implementation of Problem Based Learning in teaching of Social studies with Kars Museum as the media can improve the students understanding of history site of VII IPS students of SMP Negeri 1 Ngadirojo academic year 2015/2016. (2) The implementation of Problem Based Learning in teaching of Social studies with Kars Museum can improve the studentsachievement learning of VII IPS students of SMP Negeri 1 Ngadirojo academic year 2015/2016. The methods of this study is Classroom Action Research in two cycles. The subject of this research is the students of VIIE of SMP Negeri 1 Ngadirojo sub-province Wonogiri academic year 2015/2016. Object of the research is teaching learning process that consist of creativity and students activities in teaching learning process, the implementation in history site and the achievement learn of students. The result of this study shows that the implementation of Problem Based Learning in the teaching of Social Studies with Kars Museum as the Media of the students of VIIE class of SMP N 1 Ngadirojo sub-province Wonogiri that held in two cycles (1) result of the study show that the implementation of Problem Based Learning in the teaching of Social Studies with Kars Museum as the media of the students of VIIE class of SMP N 1 Ngadirojo sub-province Wonogiri can improve the students understanding of history site. In cycle I, student which have understanding of history site pertained high and very high is 60,71% then there is an improvement to the history site in cycle II, the students which have understanding of history site pertained high and very high about 85,71% so the students understanding to the history site pertained high more than 85%. (2) There are 10 students that increase on the score of the achievement learning of the students passing grade from the cycle pre that get score as the passing grade or more from the passing grade, in the cycle I increase become 21 students (75,00%), in the cycle II increase become 25 students (89,29%). The average value increase from cycle I 74,64 to 79,64 in cycle II. Keyword : Problem Based Kearning, Kars Museum, Social Studies, understanding of history site, achievement learning.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 04 Aug 2016 16:01
    Last Modified: 04 Aug 2016 16:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27639

    Actions (login required)

    View Item