PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI RUPA MATERI ANYAMAN PADA KELAS VII B MTs NEGERI WONOSEGORO BOYOLALI TAHUAN AJARAN 2015/2016

UTAMI, PUJI (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI RUPA MATERI ANYAMAN PADA KELAS VII B MTs NEGERI WONOSEGORO BOYOLALI TAHUAN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (836Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Puji Utami. PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI RUPA MATERI ANYAMAN PADA KELAS VII B MTs NEGERI WONOSEGORO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mendiskripsikan: (1) Proses pelaksanaan pembelajaran seni rupa materi anyaman pada kelas VII B MTs Negeri Wonosegoro Boyolali tahun ajaran 2015/2016, (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran seni rupa materi anyaman di kelas VII B MTs Negeri Wonosegoro, (3) Hasil karya anyaman siswa kelas VII B MTs Negeri Wonosegoro. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri Wonosegoro pada bulan November sampai Desember 2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan: informan, tempat dan peristiwa, dokumen dan arsip. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan review informan. Analisis data yang digunakan adalah analisis model mengalir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran seni rupa materi anyaman di kelas VII B MTs Negeri Wonosegoro menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebelum mengajar. Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum 2013. Komponen pembelajaran meliputi tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran,sumber pembelajaran serta evaluasi pembelajaran. Proses pembuatan karya anyaman kertas di kelas VII B MTs Negeri Wonosegoro meliputi : kegiatan awal peserta didik menyiapkan alat dan bahan, kemudian peserta didik mulai berproses menganyam. Dimulai dengan membuat lusi dan pakan, setelah itu menyusun pakan pada lusi, dengan cara menyusupkan dan menumpangkan pakan pada lusi. Faktor pendukung pada proses pembelajaran anyaman adalah guru yang berkompeten dibidang seni budaya dan lingkungan yang nyaman,dan faktor penghambat pada proses pembelajaran ini adalah sarana prasarana kurang memadai, perhatian guru pada peserta didik kurang menyeluruh, siswa kurang serius dalam menerima pembelajaran. Hasil karya anyaman peserta didik kelas VII B MTs Negeri Wonosegoro secara keseluruhan baik, peserta didik mampu berkreasi dengan menerapkan prinsip dasar anyaman. Namun sebagian besar peserta didik mengalami kesulitan dalam merapikan karyanya sehingga terdapat celah antara pakan dan lusi. Kata kunci: pembelajaran, seni rupa, anyaman

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 04 Aug 2016 14:52
    Last Modified: 04 Aug 2016 14:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27630

    Actions (login required)

    View Item