Penerapan Pendekatan Bermain Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Lokomotor Pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Mendak Delanggu Klaten

Octaviana, Rizka (2016) Penerapan Pendekatan Bermain Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Lokomotor Pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Mendak Delanggu Klaten. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (873Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Rizka Octaviana. K4612123. PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LOKOMOTOR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 1 MENDAK DELANGGU KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar lokomotor melalui penerapan pendekatan bermain pada siswa kelas III SD Negeri 1 Mendak Delanggu Klaten tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Mendak Delanggu Klaten yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 8 siswa putra dan 8 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lokomotor dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar gerak dasar lokomotor siswa pada siklus I dari 16 siswa mencapai 68,75% atau sebanyak 11 siswa sudah masuk kriteria tuntas dan pada siklus II meningkat mencapai 93,75% atau sebanyak 15 siswa telah masuk kriteria tuntas dan hanya 1 siswa saja yang masuk dalam kriteria belum tuntas, dengan KKM 75. Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lokomotor pada siswa kelas III SD Negeri 1 Mendak Delanggu Klaten tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci : Hasil Belajar, Gerak Dasar Lokomotor, Pendekatan Bermain

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 03 Aug 2016 10:41
    Last Modified: 03 Aug 2016 10:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27581

    Actions (login required)

    View Item