PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TYPE QUESTION STUDENT HAVE (QSH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI (Kompetensi Dasar Menganalisis Hubungan Antara Manusia dengan Lingkungan Sebagai Akibat Dari Dinamika Hidrosfer Peserta Didik Kelas X MIA 1 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015)

M, PUTRI AYU AGUS (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TYPE QUESTION STUDENT HAVE (QSH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI (Kompetensi Dasar Menganalisis Hubungan Antara Manusia dengan Lingkungan Sebagai Akibat Dari Dinamika Hidrosfer Peserta Didik Kelas X MIA 1 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (1063Kb) | Preview

    Abstract

    Putri Ayu Agus Maulani (K5411052) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TYPE QUESTION STUDENT HAVE (QSH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI (Kompetensi Dasar Menganalisis Hubungan Antara Manusia dengan Lingkungan Sebagai Akibat Dari Dinamika Hidrosfer Peserta Didik Kelas X MIA 1 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Januari. 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Active Learning tyipe Question Student Have (QSH) pada kompetensi dasar menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika hidrosfer peserta didik Kelas X MIA 1 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah Kelas X MIA 1 SMA Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket, studi dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Active Learning type Question Student Have (QSH) terbukti dapat meningkatkan hasil belajar geografi pada kompetensi dasar menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika hidrosfer peserta didik kelas X MIA 1 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Persentase hasil belajar kompetensi sikap dari 56,25% meningkat menjadi 68,75% pada siklus I, dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5%, hasil belajar kompetensi pengetahuan dari 50% meningkat menjadi 62,5% pada siklus I, dan pada siklus II meningkat menjadi 81,25%, hasil belajar kompetensi keterampilan dari 62,5% meningkat menjadi 71,9% pada siklus I, dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5%. Kata Kunci: Active Learning, Question Student Have, Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 25 Jul 2016 12:59
    Last Modified: 25 Jul 2016 12:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27571

    Actions (login required)

    View Item