Enterprise Analysis Antar Perusahaan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk PT Waskita Karya (Persero) Tbk Dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk Periode 2011-2015

S, Dhedek Wahyu (2016) Enterprise Analysis Antar Perusahaan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk PT Waskita Karya (Persero) Tbk Dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk Periode 2011-2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (596Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk Dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk merupakan perusahaan konstruksi terbesar di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kinerja keuangan serta analisis SWOT. Secara keseluruhan dari hasil analisis laporan keuangan antar ketiga perusahaan tersebut berdasarkan rasio profitabilitas dan solvabilitas, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk lebih baik kinerjanya dibanding PT Waskita Karya (Persero) Tbk Dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk, khususnya pada rasio solvabilitas mengenai tingkat aset tetap perusahaan dalam menjamin hutang jangka panjangnya. Berdasarkan analisis SWOT, PT Waskita Karya (Persero) Tbk memiliki kekuatan dalam permodalan, peluang yang ada yaitu segmen pasar domestik hampir mencakup seluruh Indonesia, memiliki kelemahan dalam tingginya tingkat utang jangka panjang serta ancaman risiko piutang macet. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk memiliki kekuatan dalam hal sumber daya manusia yang berkualitas dengan peluang pertumbuhan industri konstruksi yang pesat, namun memiliki kelemahan risiko tingginya terjadi kerusakan aset tetap. PT Adhi Karya (Persero) Tbk memiliki kekuatan dalam bidang penyediaan teknologi ACPS (Adhi Concrete Pavment System), memiliki peluang dalam pertumbuhan konstruksi yang pesat, namun memiliki kelemahan belum efisien dalam menekan biaya yang dikeluarkan. Berdasarkan hasil analisis, penulis memberikan saran agar perusahaan lebih meningkatkan penjualan dan pendapatan usaha serta lebih meningkatkan aset dan ekuitas perusahaan untuk dapat menjamin hutang perusahaan. Untuk mengantisipasi kelemahan, perusahaan sebaiknya melakukan rekonstruksi serta melakukan perhitungan estimasi biaya yang akan dikeluarkan agar lebih efisien.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 25 Jul 2016 10:55
    Last Modified: 25 Jul 2016 10:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27558

    Actions (login required)

    View Item