Peran Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Wilayah Solo Raya

H, CHRISTINA ANGELINA (2016) Peran Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Wilayah Solo Raya. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (637Kb) | Preview

    Abstract

    Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) telah diakui sebagai salah satu penopang perekonomian yang kuat dalam struktur perekonomian di Indonesia. Salah satu peranan penting UMKM adalah kontribusinya yang besar dalam menyerap tenaga kerja. Dengan demikian, kegiatan pengembangan bagi UMKM perlu dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan dan daya saing UMKM dalam perekonomian nasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo dalam pengembangan UMKM di wilayah Solo Raya. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hambatan dan hasil yang dicapai oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo dalam pengembangan UMKM di wilayah Solo Raya. Objek yang diambil dalam penelitian ini adalah Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman No. 15, Solo – 57111. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, yang berkaitan dengan peran Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo dalam pengembangan UMKM di wilayah Solo Raya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Teknis pembahasan yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam rangka pengembangan UMKM di wilayah Solo Raya, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo melakukan kegiatan bantuan teknis berupa penelitian, pelatihan, penyediaan informasi, dan pemberian bantuan fasilitasi. Hambatan yang dihadapi dalam pengembangan UMKM di wilayah Solo Raya antara lain rendahnya kualitas atau kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) terutama dalam hal mindset bisnis atau jiwa kewirausahaan dan pengelolaan manajemen usaha yang masih tradisional; belum mempunyai administrasi pembukuan yang baik/baku; lemahnya akses pemasaran dan permodalan ke lembaga keuangan; dan sebagainya. Hasil yang dicapai Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo dalam pengembangan UMKM di wilayah Solo Raya antara lain adanya realisasi kredit dari bank kepada UMKM; meningkatnya hasil produksi dan kualitas produk yang dihasilkan oleh UMKM; adanya perluasan pasar dan kelembagaan; dan sebagainya. Tujuan akhir dari pengembangan UMKM yang dilakukan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo adalah dapat tercukupinya kebutuhan masyarakat terhadap barang sehingga tidak terjadi inflasi, dan adanya pertumbuhan UMKM dan sektor riil. Hal ini dilakukan untuk mendukung pencapaian tugas Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas nilai rupiah. Berdasarkan hal diatas, peran Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo dalam pengembangan UMKM di wilayah Solo Raya sangatlah penting dan vital. Oleh karena itu, saran dari penelitian ini adalah perlunya melakukan pendataan secara rutin dan menyeluruh mengenai jumlah seluruh UMKM yang ada di wilayah Solo Raya; meningkatkan intensitas kegiatan bimbingan teknis dan monitoring terhadap UMKM yang ada di wilayah Solo Raya; serta meningkatkan kerja sama dan koordinasi yang lebih baik dengan pemerintah daerah, kementerian/lembaga pemerintah, lembaga keuangan/perbankan, dan beberapa perusahaan besar yang ada di wilayah Solo Raya maupun di sekitarnya. Kata kunci: Peran Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Pengembangan UMKM.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Keuangan Perbankan
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 25 Jul 2016 09:45
    Last Modified: 25 Jul 2016 09:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27555

    Actions (login required)

    View Item