PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERPIKIR BERBICARA MENULIS BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X IPA 2 SMA NEGERI 1 KARANGANYAR

F, BETRIANA ROMI NUR (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERPIKIR BERBICARA MENULIS BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X IPA 2 SMA NEGERI 1 KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (530Kb) | Preview

    Abstract

    Betriana Romi Nur Fadilah. S841402006. “Penerapan Metode Pembelajaran Think-Talk-Write Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Eksposisi Pada Siswa Kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Karanganyar”. Tesis (Pembimbing I: Prof. Dr. Andayani, M.Pd, Pembimbing II: Dra. Ani Rakhmawati, M.A., Ph.D.). Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis eksposisi dan (2) meningkatkan keterampilan menulis eksposisi melalui penerapan metode pembelajaran think-talk-write berbasis multimedia Subjek penelitian ini adalah guru pengampu pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa SMA N 1 Karanganyar. Siswa yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas Xyang sekaligus ditetapkan sebagai setting kelas. Data berupa RPP, foto, hasil tes, catatan lapangan, catatan hasil dan wawancara. Data diperoleh dari dari informan, lokasi dan proses pembelajaran, dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan, dialog dan wawancara, telaah dokumen, serta tes. Uji validasi data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data melalui teknik analisis kritis dan teknik deskriptif komparatif. Langkah-langkah metode pembelajaran think-talk-write meliputi lima tahapan, yaitu pertama, menyampaikan dan menetapkan tujuan pembelajaran. Kedua, mendemonstrasikan pengetahuan atau keterampilan. Ketiga, memberikan latihan dan bimbingan. Keempat, memeriksa pemahaman dan memberikan umpan balik.Kelima, memberikan latihan lanjutan berupa latihan mandiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran think-talk-writeberbasis multimedia mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis eksposisi siswa yang ditandai dengan meningkatnya keaktifan, perhatian, dan keterlaksanaan pembelajaran. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa dengan menerapkan metodepembelajaranthink-talk-writeberbasis multimedia dapat meningkatkan keterampilan menulis eksposisi siswa kelas X IPA 2 SMA N 1 Karanganyar. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tindakan yang dilakukan selama dua siklus. Jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (75)pada pratindakanadalah15 siswa (48%) dengan nilai rata-rata 68,3. Siklus Iketuntasan siswa meningkat menjadi 24 siswa (75%) dengan nilai rata-rata 74,53. Siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 28 siswa (87,5%) dengan nilai rata-rata 79,8. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis eksposisi melalui penerapanmetodepembelajaranthink-talk-write berbasis multimedia dapat meningkatkan kualitas proses maupun keterampilan menulis eksposisi siswa. Katakunci: think-talk-write, keterampilan menulis eksposisi, multimedia

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 21 Jul 2016 11:29
    Last Modified: 21 Jul 2016 11:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27531

    Actions (login required)

    View Item