MEKANISME KERJA DIVISI KREATIF DALAM MEMPRODUKSI IKLAN CETAK DI PT. OCTA MITRA MEDIA ADVERTISING Dia

Riantiarno, Oky (2009) MEKANISME KERJA DIVISI KREATIF DALAM MEMPRODUKSI IKLAN CETAK DI PT. OCTA MITRA MEDIA ADVERTISING Dia. Other thesis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (402Kb)

    Abstract

    Pada perkembangan jaman sekarang ini manusia semakin mudah untuk mendapatkan informasi, hal tersebut karena peran serta media dalam perkembangan jaman sekarang ini. Media terdiri dari dua jenis yaitu media cetak dan media elektronik, media cetak terdiri dari surat kabar (Koran), majalah, tabloid sedangkan media elektronik terdiri dari televisi, radio, maupun internet. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis media cetak, salah satunya adalah koran. Koran mempunyai segmen yang berbeda-beda, ditinjau dari segi ekonomi pembaca, koran dapat dibedakan menjadi dua segmen, antara lain koran yang segmennya kalangan menengah ke bawah dan menengah ke atas. Selain itu jika ditijau dari segi jangkauan penjualan, koran dapat dibedakan menjadi dua, antara lain adalah koran lokal dan koran nasional. Koran lokal pada umumnya adalah koran yang hanya mengulas tentang berita daerah saja namun tidak sedikit juga berita nasional juga dibahas dalam koran lokal. Iklan pada koran-koran lokal lebih banyak didominasi oleh produk dan jasa dari perusahaan, dealer, lembaga, toko, atau usaha lainnya yang berada di dalam satu daerah. Dari hal tersebut, PT. Octa Mitra Media Advertising menjadi salah satu penyalur iklan koran kepada harian lokal maupun nasional dan memiliki rekanan media terpercaya di negeri ini. 1 xii Saat ini di Yogyakarta telah banyak berdiri instansi yang bergerak di bidang periklanan, hal tersebut menjadi tantangan bagi PT. Octa Mitra Media untuk lebih berinovasi agar tidak tertinggal oleh perusahaanperusahaan lain yang sebidang. Untuk menjadikan PT. Octa Mitra Media tetap diminati, menjadi tugas seorang kreatif untuk menuangkan ide-ide dan pengetahuan tentang desain grafisnya ke dalam sebuah produksi iklan, agar iklan menjadi lebih menarik namun tetap komunikatif. Dengan alasan di atas, Penulis selaku mahasiswa D3 Periklanan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta, ingin lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja dengan mengikuti Kuliah Kerja Media (KKM) di PT. Octa Mitra Media Advertising sebagai kreatif media. Dalam kesempatan ini Penulis diberi kesempatan untuk mempraktekkan pengetahuan tentang desain grafis yang telah diajarkan kepada penulis selama perkuliahan. Penulis memilih judul “Mekanisme Kerja Divisi Kreatif Dalam Memproduksi Iklan Cetak di PT. Octa Mitra Media Advertising”, hal ini karena penguasaan desain grafis sangat berperan penting bagi seorang kreatif di sebuah perusahaan advertising, khususnya PT. Octa Mitra Media Advertising, sebagai sebuah perusahaan agency iklan Koran yang banyak diminati di kota Yogyakarta. PT. Octa Mitra Media adalah salah satu biro (agency) iklan khusus iklan koran yang berada di Yogyakarta dan merupakan tempat di mana Penulis melaksanakan kuliah kerja media (KKM), sehingga dapat mengerti xiii sistem kerja dalam perusahaan tersebut. Selain itu Penulis juga dapat meningkatkan dan menerapkan kemampuan dalam bidang desain grafis yang telah didapat selama masa kuliah

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Chrisstar Dini S
    Date Deposited: 14 Jul 2013 04:38
    Last Modified: 14 Jul 2013 04:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2745

    Actions (login required)

    View Item