PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK TALK WRITE DAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KETERAMPILAN MENULIS KREATIF PUISI PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 14 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

S, MEKAR MARATUS (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK TALK WRITE DAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KETERAMPILAN MENULIS KREATIF PUISI PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 14 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (279Kb) | Preview

    Abstract

    Mekar Maratus Syarifah. K1212048. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK TALK WRITE DAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KETERAMPILAN MENULIS KREATIF PUISI PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 14 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi. Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juni 2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan keterampilan menulis kreatif puisi dalam pembelajaran menulis kreatif puisi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write dan media audio visual. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 14 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi atau pengamatan, kajian dokumen, wawancara dan tes. Berdasarkan data pratindakan yang diperoleh melalui observasi, keaktifan siswa masih kurang, ditandai dengan skor rata-rata keaktifan siswa sebesar 8,5 sedangkan nilai rata-rata keterampilan menulis kreatif puisi siswa sebesar 68,00 dengan persentase ketuntasan 18,75%. Pada siklus I rata-rata skor keaktifan siswa 10,4 dan rata-rata nilai keterampilan menulis kreatif puisi siswa meningkat menjadi 74,14 dengan persentase ketuntasan 46,68%. Pada siklus II skor rata-rata keaktifan siswa sebesar 13,2 dengan kategori cukup aktif dan rata-rata nilai keterampilan menulis kreatif puisi siswa meningkat menjadi 76,95 dengan persentase ketuntasan 65,62%. Pada siklus III skor rata-rata keaktifan siswa sebesar 16,2 dengan kategori aktif dan rata-rata nilai keterampilan menulis kreatif puisi siswa meningkat menjadi 80,03 dengan persentase ketuntasan 87,50%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write dan media audio visual pada pembelajaran menulis kreatif puisi dapat meningkatkan keaktifan dan keterampilan menulis kreatif puisi pada siswa kelas VII F SMP Negeri 14 Surakarta tahun ajaran 2015/2016 dalam pembelajaran menulis kreatif puisi. Kata kunci: puisi, Think Talk Wrtie, audio visual

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 11 Jul 2016 08:15
    Last Modified: 11 Jul 2016 08:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27438

    Actions (login required)

    View Item