ANALISIS PERTIMBANGAN HAKIM TERHADAP GUGATAN CITIZEN LAWSUIT (GUGATAN WARGA NEGARA) TERKAIT KEMACETAN DI DKI JAKARTA (STUDI KASUS NOMOR: 53/PDT.G/2012/PN.JKT.PST.)

SAFAR, AHMAD (2016) ANALISIS PERTIMBANGAN HAKIM TERHADAP GUGATAN CITIZEN LAWSUIT (GUGATAN WARGA NEGARA) TERKAIT KEMACETAN DI DKI JAKARTA (STUDI KASUS NOMOR: 53/PDT.G/2012/PN.JKT.PST.). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (214Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Ahmad Safar. 2016. E0012018, ANALISIS PERTIMBANGAN HAKIM TERHADAP GUGATAN CITIZEN LAWSUIT (GUGATAN WARGA NEGARA) TERKAIT KEMACETAN DI DKI JAKARTA (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR: 53/PDT.G/2012/PN.JKT.PST.). Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unsur-unsur yang harus dipenuhi agar gugatan dapat dikategorikan sebagai Gugatan Citizen Lawsuit dan yang menjadi pertimbangan hakim dalam menolak Gugatan Citizen Lawsuit (Gugatan Warga Negara) kasus kemacetan di DKI Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian hukum doktrinal yang bersifat preskriptif dengan pendekatan kasus. Penelitian ini menggunakan jenis dan sumber bahan hukum yang terdiri dari bahan hukum primer dan sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum dilakukan dengan cara studi dokumen. Teknik analisis bahan hukum menggunakan metode induktif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan, bahwa unsur-unsur yang harus dipenuhi agar gugatan dapat dikategorikan sebagai Gugatan Citizen Lawsuit, yaitu diajukan oleh setiap orang atau setiap warga negara, dilandaskan atas kepentingan umum, adanya perbuatan melawan hukum dan tidak menuntut ganti rugi berupa uang, dimana unsur-unsur tersebut telah terpenuhi dalam gugatan kasus kemacetan di DKI Jakarta. Pada putusan nomor: 53/PDT.G/2012/PN.JKT.PST, Majelis Hakim menolak Gugatan Citizen Lawsuit karena Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak terbukti melakukan perbuatan melawan hukum, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dalam mengatasi kemacetan, walaupun sampai saat ini belum ada hasil dari kebijakan tersebut dalam menghilangkan kemacetan di DKI Jakarta. Sehingga Para Tergugat dan Turut Tergugat tidak melakukan perbuatan melawan hukum. Kata Kunci: Pertimbangan Hakim, Gugatan Citizen Lawsuit, Kemacetan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 11 Jul 2016 07:52
    Last Modified: 11 Jul 2016 07:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27435

    Actions (login required)

    View Item