“NIH KAOS RAKYAT INDONESIA” INOVASI KAOS CLOTHING BERORNAMEN ETNIK INDONESIA

Indirasari, Rebecca Widyaningtyas and Nadya Ekaputri Puspitaringrum, and Ali Nur Syam Hidayat, and Adhitya Vishnu Pradana, (2016) “NIH KAOS RAKYAT INDONESIA” INOVASI KAOS CLOTHING BERORNAMEN ETNIK INDONESIA. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (4Mb) | Preview

    Abstract

    Usaha clothing merupakan usaha yang sangat prospektif di jaman modern sekarang ini. Salah satu produk clothing yang digemari adalah kaos/T-shirt, karena memiliki banyak variasi mulai dari warna, tipe hingga ornamen. Ragam ornamen bisa terinspirasi dari banyak hal, misalnya tulisan menggelitik, panorama alam, dan salah satu yang akan dikembangkan adalah tema etnik Nusantara. Usaha ini menciptakan inovasi pada produk T-shirt unik berornamen etnik Nusantara dalam rangka meningkatkan apresiasi konsumen terhadap keberadaan etnik di Indonesia, meningkatkan kemampuan manajerial untuk berwirausaha dan merintis jejaring kemitraan yang dapat mendukung pengembangan usaha bidang clothing. Produk yang dikembangkan berupa kaos/T-shirt yang dimodifikasi dengan menambahkan ornamen etnik Nusantara baik melalui teknik sablon, lukis maupun tempel/aplikasi. Ragam budaya pada berbagai etnik di Indonesia memiliki ciri khas antara lain ornamen bulu (bulu burung), batu (manik-manik), anyaman tali dan sebagainya. Ornamen tersebut dapat digunakan sebagai hiasan sehingga menampilkan busana kasual yang menarik dan lebih eksklusif. Target yang akan dicapai yaitu diterimanya produk T-shirt unik berornamen etnik Nusantara oleh konsumen lokal maupun nasional, terciptanya wirausaha baru di bidang clothing, terbentuknya kemitraan baik dalam pengembangan produk maupun pemasaran dan keuntungan finansial yang menjamin keberlanjutan usaha. Produk T-shirt tersebut akan dipromosikan dan dipasarkan kepada konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung melalui media online, pameran, maupun sistem kosinyasi dengan koperasi ataupun outlet clothing lainnya. Usaha tersebut memiliki prospek keuntungan yang menarik. Hasil analisis kelayakan usaha menunjukkan nilai rasio B/C mencapai 0,38 (38%) dengan tingkat pengembalian modal sekitar 13 bulan.

    Item Type: Other
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: yulia nurhalimah
    Date Deposited: 26 Jun 2016 15:22
    Last Modified: 26 Jun 2016 15:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27413

    Actions (login required)

    View Item