Speak Up! Community, Lembaga Pelatihan Keorganisasian bagi Mahasiswa dan Pelajar untuk Meningkatkan Kemampuan Berorganisasi, Berbicara, dan Menulis di Kota Surakarta

'Azzam , M. Abdullah and Afif Muchlisin, and Muhsin Efendi, (2016) Speak Up! Community, Lembaga Pelatihan Keorganisasian bagi Mahasiswa dan Pelajar untuk Meningkatkan Kemampuan Berorganisasi, Berbicara, dan Menulis di Kota Surakarta. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (960Kb) | Preview

    Abstract

    Kebutuhan akan kemampuan beroganisasi, berbicara di hadapan publik, membangun relasi dan tulis-menulis menjadi tren di kalangan masyarakat Indonesia. Kesadaran akan persaingan global menjadi titik tolak perubahan pola pikir masyarakat indonesia, terutama golongan muda untuk mempelajari dan menguasai kemampuan-kemampuan diatas. Berbagai lembaga-lembaga pelatihan pun bermunculan, mencoba menjawab berbagai kebutuhan yang diinginkan golongan muda ini, mulai dari pelatihan untuk memunculkan motivasi, kewirausahaan, hingga pelatihan kemampuan kerja seperti pemrograman komputer atau akuntansi. Akan tetapi, belum ada lembaga pelatihan yang fokus untuk menciptakan generasi yang menguasai dasar-dasar organisasi, berbicara di hadapan publik dan membangun jaringan, beberapa masih berkutat pada tataran pembangunan opini, atau pemberian kemampuan kerja, sedangkan pendayagunaan kemampuan organisasional belum umum dikenal, padahal hal ini tidak bisa didapatkan dengan kurikulum-kurikulum yang dibuat lembaga pelatihan semacam itu. Untuk menjawab kebutuhan global, dan kebutuhan golongan muda Indonesia, mutlak bahwa sebuah lembaga pelatihan professional yang fokus pada pelatihan kemampuan organisasioal diperlukan. Dimulai dari Kota Surakarta, kota pergerakan, diharapkan dengan kurikulum yang difokuskan untuk mengenal lebih jauh dunia manajerial, dunia organisasi, dan dunia tulis menulis, diharapkan tercetak generasi baru yang memiliki kemampuan kerja dan kemampuan organisasional yang berimbang. Pengadaan praktik-praktik lapangan di lingkungan organiasi, praktik-praktik menulis, praktik-praktik berbicara di hadapan publik, diharapkan dapat menghadirkan atmosfer seperti yang dialami ketika memasuki dunia manajerial-organisasional yang sebenarnya. Pelatihan intensif dengan pemateri yang berpengalaman, dan format mentoring diharapkan dapat memunculkan interaksi intens dan nuansa kekeluargaan sehingga pembelajaran lebih menyenangkan. Tentu saja, Indonesia akan lebih siap menghadapi persaingan global dengan sumber daya manusia yang ideal, sesuai dengant tajuk “generasi emas Indonesia.

    Item Type: Other
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: yulia nurhalimah
    Date Deposited: 26 Jun 2016 13:35
    Last Modified: 26 Jun 2016 13:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27392

    Actions (login required)

    View Item