SALURAN DISTRIBUSI PADA CV. MITRA TIRTA

SANTOSA, SYAHMAD IKHSAN SANTOSA (2010) SALURAN DISTRIBUSI PADA CV. MITRA TIRTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (950Kb)

    Abstract

    Secara umum perusahaan mempunya tujuan dan sasaran yang sama, yaitu keberhasilan dalan mempertahankan hidup (survive). Menguasai pangsa pasar dalam jangka panjang penting bagi perusahaan untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Untuk bisa mencapai target penjualan yang di inginkan, maka perusahaan harus menggunakan konsep pemasaran yang mengarah pada usaha untuk mengetahu kebutuhan pembeli, sehingga dapat mencapai suatu tujuan yang tergantung pada ketetapan manajemen dalam mengambil keputusan sehingga menjamin keberhasilan perusahaan tersebut. Salah satu penunjang keberhasilan suatu perusahaan adalah bagaimana perusahaan itu menyalurkan dan memasarkan produk-produknya. Oleh karena itu kegiatan pemasaran merupakan hal penting bagi perusahaan, dimana dalam kegiatan pemasaran salah satunya mencakup kegiatan saluran distribusi. Tujuan kegiatan saluran distribusi yang di jalankan oleh perusahaan tidak lain adalah memberikan kemudahan bagi konsumen sehingga dapat dengan mudah memenuhi kebutuhannya. Pengertian saluran distribusi untuk suatu barang adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen kepada konsumen. Pemilihan saluran distribusi yang tepat akan berpengaruh atas kelancaran arus perpindahan barang dari produsen kepada konsumen. Perusahaan harus berhati-hati dalam menentukan saluran distribusi yang akan digunakan, karena saluran distribusi mempengaruhi semua keputusan pemasaran yang lainnya. Kesalahan dalam memilih saluran distribusi dapat memperlambat bahkan memacetkan usaha penyaluran produk dari produsen ke konsumen. Untuk mencapai tujuan dan sasaran yang diharapkan, maka perusahaan perlu merencanakan prosedur distribusinya. Dalam prosedur distribusi, produsen sering menggunakan perantara sebagai penyalurnya. Hal yang perlu di perhatikan dalam saluran distribusi adalah siapa sajakah pihak-pihak yang terkait dalam kegiatan distribusi serta prosedur pendistribusian yang bagai manakah yang paling efektif yang diterpkan pada suatu perusahaan. CV. MITRA TIRTA yang terletak di JL.KARTIKA no 9 Ngoresan Surakarta sebelah barat SD Bulukantil, merupakan perusahaan yang menjual berbagai air minum galonan yang ber merek yang dijual di wilayah Surakarta dan sekitarnya, dan mempunyai induk cabang di daerah tawang mangu Karanganyar. Atas dasar pentingnya saluran distribusi serta bagai manakah harapannya maka penulis memilih judul : “ SALURAN DISTRIBUSI PADA CV. MITRA TIRTA “

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Yudha Adhitya
    Date Deposited: 12 Jul 2013 21:21
    Last Modified: 12 Jul 2013 21:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2738

    Actions (login required)

    View Item