“UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI SEKITAR PERKEBUNAN TEH JAMUS MELALUI PELATIHAN PENANAMAN SAYURAN ORGANIK”

Wijayanto, Arif Wahyu Dwi and Azizah Diar Kusumastuti, and Nila Sari Sundari, and Zelka Dewi Fortuna, (2016) “UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI SEKITAR PERKEBUNAN TEH JAMUS MELALUI PELATIHAN PENANAMAN SAYURAN ORGANIK”. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (874Kb) | Preview

    Abstract

    PKM ini dibuat agar dapat meningkatkan kemandirian hidup bagi para pekerja perkebunan teh jamus,khusunya masyarakat Desa Girikerto. Selama ini masyarakat Desa Girikerto terus menggantungkan hidupnya di perkebunan teh Jamus yang hasilnya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok mereka saja.Selanjutnya kami bertujuan memberikan pengetahuan mengenai usaha pertanian organik Desa Girikerto. Kami berharap dengan pengetahuan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar perkebunan teh jamus khususnya Desa Girikerto untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Dengan pengetahuan yang kami berikan kepada masyarakat sekitar perkebunan teh jamus khususnya Desa Girikerto, kami berharap masyarakat dapat meningkatan pendapatan dan merubah nasib hidup mereka. Metode yang kita gunakan adalah pertama melakukan pendekatan terlebih dahulu kepada masyarakat sekitar perkebunan teh jamus khususnya Desa Girikerto, yang kedua adalah melakukan penyuluhan awal terlebih dahulu supaya masyarakat mengetahui maksud dan tujuan dari kegiatan kami. Tahap ketiga adalah memberikan plot percontohan agar masyarakat mengetahui bagaimana membuat pertanian organik secara langsung. Tahap selanjutnya adalah penyuluhan lanjutan seupaya masyarakat lebih mengerti mengenai pertani an organik. Seletah tahap pelaksanaan terlaksana langkah selanjutnya adalah tahap analisis, pada tahap ini kami menganalisis data yang kita peroleh di lapangan. Tahap terakhir adalah membuat laporan penelitian.

    Item Type: Other
    Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: yulia nurhalimah
    Date Deposited: 25 Jun 2016 00:18
    Last Modified: 25 Jun 2016 00:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27309

    Actions (login required)

    View Item