Tata Kelola Desa dengan Pendekatan Strategic Vision dalam Kerangka Pembangunan Desa Berwawasan Lingkungan dan Berkelanjutan (Studi kasus di Desa Gadingharjo, Sanden, Bantul, Yogyakarta)

Dhanang W, Vicentius and Fatia Gupita, and Asmarsha Qathrinada, (2016) Tata Kelola Desa dengan Pendekatan Strategic Vision dalam Kerangka Pembangunan Desa Berwawasan Lingkungan dan Berkelanjutan (Studi kasus di Desa Gadingharjo, Sanden, Bantul, Yogyakarta). Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (975Kb) | Preview

    Abstract

    Diberlakukannya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa telah memberikan peran kepada desa untuk bertugas melaksanakan pembangunan desa demi meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan masyarakat desa. Akan tetapi, pembangunan tersebut haruslah tetap dilakukan dengan cara yang tepat dan mampu memperhatikan pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan. Desa Gadingharjo, Sanden, Bantul, Yogyakarta merupakan desa yang masyarakatnya sedang aktif melakukan kegiatan penambangan pasir di pesisir pantai Samas. Kegiatan tersebut telah membawa dampak buruk terhadap ekosistem pantai Samas karena lahan bukit pasir yang dahulunya berfungsi sebagai sarana alami penghalang terjadinya deflasi dan abrasi kini menjadi semakin terkikis dan rusak. Faktor keuntungan ekonomi merupakan alasan yang sering muncul dan seolah mengesampingkan dampak kerusakan lingkungan. Strategic vision yang berpedoman pada Undang-Undang Desa merupakan solusi yang ditawarkan penulis untuk mengatasi masalah Desa Gadingharjo agar mampu mengarahkan pembangunan desa lebih berwawasan lingkungan dan berkelanjutan demi kelestarian alam pantai samas serta dapat terpenuhinya kebutuhan hidup masyarakat desa Gadingharjo baik untuk generasi yang sekarang maupun yang akan datang. Penelitian ini merupakan jenis pene

    Item Type: Other
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Depositing User: yulia nurhalimah
    Date Deposited: 24 Jun 2016 23:51
    Last Modified: 24 Jun 2016 23:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27304

    Actions (login required)

    View Item