MEMENUHI KEBUTUHAN GIZI SAYURAN DENGAN MENGKONSUMSI VEGLASS (VEGETABLE IN THE GLASS)

Alfina, Marlina Indri and Silvia Christinasari, and Umi Septiana, and Yuli Yulaeka, and Ryka Sagita, (2016) MEMENUHI KEBUTUHAN GIZI SAYURAN DENGAN MENGKONSUMSI VEGLASS (VEGETABLE IN THE GLASS). Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (862Kb) | Preview

    Abstract

    VEGLASS (Vegetable in the glass) merupakan makanan cepat saji yang di produksi secara alami dan sehat. Makanan ini berbahan dasar aneka macam sayuran, yaitu kentang, wortel, buncis, jamur kancing, jagung sekaligus dengan bahan pelengkap sosis, makaroni, keju, saos, dan mayonaise yang dikemas cantik dalam sebuah gelas mika. Alasan kami memilih memakai gelas mika dibanding wadah lainnya misalnya sterofom, karena kami anggap gelas mika lebih aman di banding dengan penggunaan sterofom sebagai tempat penyajian. Produk ini dapat digolongkan ke dalam makanan bergizi karena kandungannya yang cukup lengkap. Kandungan karbohidrat dari kentang, lemak dari margarin, vitamin B dan Fe dari buncis, vitamin A dari wortel serta protein dari sosis dan jamur kancing. Alasana pemakaian jamur kancing sebagai salah satu bahan dari produk in, karena di dalamnya terdapat berbagai macam vitamin, yaitu Niacin, Riboflavin, Folate, Fosfor, Zat besi, Panthothenic Acid, Zinc, Potassium, Copper, Magnesium, Vitamin B6, Selenium dan Thiamin. Hal ini merupakan bukti bahwa kandungan gizi yang berguna bagi tubuh sangat diutamakan dalam pembuatan produk makanan ini. Dalam memproduksi makanan ini kami sama sekali tidak menggunkan bahan pengawet apapun yang dapat mengurangi nilai gizi dalam produk makanan tersebut. Kami menggunakan bahan segar bukan bahan yang basi ataupun bahan yang dapat di daur ulang. Kami juga akan memberikan inovasi dari rasa produk kami, dengan sedikit tambahan bumbu guna menciptakan cita rasa yang tidak biasa tanpa harus menghilangkan rasa asli dari bahan-bahan dasarnya. Contohnya saja wortel, kita tidak akan menghilangkan rasa manis dari wortel itu sendiri, melainkan hanya akan memberikan sedikit merica bubuk untuk cita rasa pedas dan memberikan tambahan margarin untuk cita rasa gurih/asin. Bahkan merica sendiri memeberikan manfaat bagi tubuh yaitu menciptakan sensasi hangat. Dari segi produksi awalnya kami hanya akan memproduksi dalam skala kecil, sehingga hal tersebut akan meminimalisir kerugian yang akan kami tanggung. Selain itu kedepannya kami juga akan melayani delivery order yang bisa dipesan langsung melalui telepon, sms, media sosial, dan lain-lain. Di media ini konsumen juga dapat melakukan pemesanan dalam jumlah besar, namun dengan catatan pemesanan dilakukan dua hari sebelum produk diambil beserta uang muka sesuai dengan kesepakatan bersama. Target pasar utama kita adalah Mahasiswa. Mahasiswa merupakan target sasaran yang cocok, mengingat kesibukan mereka sebagai mahasiswa yang tentunya selain jadwal kuliah yang padat, tugas, ada juga kegiatan-kegiatan mahasiswa lainnya di luar aktivitas perkuliahan. Apalagi mengingat banyaknya anak kost yang berada di belakang kampus UNS, menu sarapan pagi sangat cocok menjadi pilihan tepat bagi mereka sebelum memulai aktifitasnya. Sesuatu yang efisien, harga yang ekonomis dan unik biasanya dicari oleh kawula muda, dalam hal ini targetnya mahasiswa. Maka dari itulah produk kami memilih mahasiswa sebagai sasaran utama. Namun, kami juga memperkenalkan produk kami kepada masyarakat luas, contohnya pemukiman di daerah belakang kampus serta masyarakat yang bekerja di area kampus. Keyword: buah-buahan, sehat, segar, inovasi pangan, mahasiswa

    Item Type: Other
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Depositing User: yulia nurhalimah
    Date Deposited: 24 Jun 2016 23:10
    Last Modified: 24 Jun 2016 23:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27298

    Actions (login required)

    View Item