PENGASINGAN (Pengajaran Bahasa Inggris dan Pengenalan ASEAN) untuk Anak di SD Kanisius Pucang Sawit, Surakarta

Sayekti, Niki Wahyu and Mentari Dhea Arisanova, and Rifky Widhi Kurniawan, (2016) PENGASINGAN (Pengajaran Bahasa Inggris dan Pengenalan ASEAN) untuk Anak di SD Kanisius Pucang Sawit, Surakarta. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (915Kb) | Preview

    Abstract

    Kemampuan Bahasa Inggris tidak dipungkiri merupakan salah satu kebutuhan yang penting terutama dalam era globalisasi seperti saat ini. Bahasa Inggris sudah menjadi kebutuhan wajib terutama dalam membangun komunikasi yang luas. Urgensi pemenuhan kebutuhan Bahasa Inggris menjadi yang lebih penting lagi mengingat pada akhir Desember tahun 2015 ini akan diberlakukan MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Dalam MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) dimana pintu arus perpindahan manusia dalam satu kawasan dipermudah, kebutuhan akan pemahaman dan kemampuan Bahasa Inggris tentunya sangat dibutuhkan terutama dalam berkomunikasi dengan masyarakat dari negara anggota ASEAN lainnya. Dalam MEA diproyeksikan bahwa kita akan banyak berinteraksi dengan masyarakat dari luar yang pada dasarnya memiliki latar belakang bahasa yang berbeda-beda sehingga diperlukan penggunaan Bahasa Inggris. Selain dalam segi komunikasi, penguasaan Bahasa Inggris tentunya juga diperlukan dalam rangka meningkatkan kualitas diri dan daya saing individu dimana persaingan dalam dunia kerja tentunya akan semakin tinggi dengan kedatangan tenaga kerja yang dari luar atau dari negara-negara anggota ASEAN lainnya. Dalam menghadapi MEA itu sendiri, tentunya penguasaan Bahasa Inggris saja tidak cukup. Butuh pula pemahaman masyarakat terkait negara-negara ASEAN itu sendiri agar dalam membangun interaksi dan komunikasi dengan masyarakat negara -negara lain anggota ASEAN kesalahpahaman karena perbedaan budaya dan latar belakang negara dapat dihindari. Penguasaan Bahasa Inggris dan pemahaman tentang ASEAN tersebut tentunnya dibutuhkan oleh seluruh kalangan masyarakat tak terkecuali anak-anak. Anak-anak yang merupakan tumpuan, harapan, dan generasi penerus bangsa tentunya perlu diajarkan dan dilatih Bahasa Inggris dan dikenalkan tentang ASEAN sedari dini. Oleh karena itu, kegiatan Pengajaran Bahasa Inggris dan Pengenalan tentang ASEAN ini digagas dan ditujukan terutama untuk anak-anak. Adapun metode pengajaran yang akan digunakan yaitu dengan menggunakan musik dan nyanyian serta dengan menggunakan games yang bersifat edukatif dan mudah dipahami oleh anak-anak.

    Item Type: Other
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
    Depositing User: yulia nurhalimah
    Date Deposited: 24 Jun 2016 14:03
    Last Modified: 24 Jun 2016 14:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27288

    Actions (login required)

    View Item