Utrjuk Kreasi Dengan Konsep Inovatif &Dream Catcher Frcm Geastone"

Oktaviana, Elva and Muhammad Hafis, and Sinta Oktaviana, and Subekhan, and Harum Permataningtyas, (2016) Utrjuk Kreasi Dengan Konsep Inovatif &Dream Catcher Frcm Geastone". Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2464Kb) | Preview

    Abstract

    tsatu akik merupakan batu mulia yang awalnya hanya sebuah bongkahan batu besar yang di perkecil oleh manusia dan dijadikan permata dengan keindahan yang bermacam-macam. Banyaknya produk batu akik yang di perdagangkan ataupun diproduksi dalam bentuk asksesoris badan berupq cincin , kalung dan gelang. Seiring berjalannya waktu produk batu akikpun kini mulai meredup, dikarenakan banyaknya petgerajin batu akik yarg bemmcdan dan produk yang di hasilkan atau yang diproduksi hanya berupa aksesoris badan tersebut. Disanping itu pemimt batu akik dikalangan kaum mahasiswa ataupun anak muda sangat sedikit. Oleh karena itu pengusul mengajukan produk baru dan inovasi yaitu Dream Catcher (Penangkap Mimpi) yang Te$uat dari Batu Akik, Bahan batu akik diperoieh dari para pengerajir atauprm tempat-tempat pelambangan yang ada di kota Pacilan. Dream Catcher sendiri merupakan aksesoris dan juga souven yang sudah cukup terkenal, dimana dari segi bentuk souvenir ini berbentuk lingkaran bempa ring yang terbuat dari rotan dan di area dalam ring dirajut menggunan benang seperti sa&ng laba-laba yang dilarnbah dengan aksen manik-manik dan juga bulu-bulu angsa ataupun aksen lainnya. Bahkan souvenir ini banyak diproduksi dan diperdagangkan hampir diseluruh duni4 dan p€minatnya banyak di kalangan anak muda khususnya kaum hawa. Penggunaan batu akik dalam pembualan Dream Catcher juga dapat meningkatkan daya tarik tersendiri karena bahanya yang cukup berbeda dai Drearrt Catcher biasanya yang di produksi menggunakan benang dan kayu rotan biasa. Metode pemasara yang digunakan dengan menjualnya di area LNS yang secara laflgsung maupun kami promosikan di media social dan dihampkafl dapat mampu menarik para konsumen aaak muda (pelajar dan mahasiswa LJ)'{S), maupun masyarakat pada umumnya. Serta dapat ditiru oleh para pengerajin batu akik di nusantara agar dapat di produksi dalam jumlah banyak dan juga menembus ekonomi asean tahrm y6ng akan datang

    Item Type: Other
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
    Depositing User: yulia nurhalimah
    Date Deposited: 24 Jun 2016 13:41
    Last Modified: 24 Jun 2016 13:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27284

    Actions (login required)

    View Item