IKAT INDONESIA (Mengikat Motif Khas Indonesia melalui Fashion Hijab )

Poncowati, Setiya and Alifia Dita Anggraini, and Endang Khusnawati, and Alfa Tiara Akihita, (2016) IKAT INDONESIA (Mengikat Motif Khas Indonesia melalui Fashion Hijab ). Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2339Kb)

    Abstract

    Saat ini, masyarakat Indonesia khususnya kaum hawa semakin banyak yang menyadari bahwa setiap wanita muslim mempunyai kewajiban untuk berhijab. Namun, dengan seiring berjalannya waktu dan perubahan jaman yang semakin modern, hal tersebut membuat mereka ingin tampil dengan busana yang modern akan tetapi tetap sesuai dengan hukum dan aturan yang sudah ditetapkan dalam syar’i. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut, kami menawarkan produk hijab yang tidak melanggar syar’i, tetap terlihat modis saat dipakai, dan tetap menggunakan motif khas Indonesia supaya motif lokal Indonesia tetap eksis. Ikat Indonesia ingin mengikat, dalam artian menggenggam kebudayaan Indonesia bersama melalui busana hijab yang modern dan tetap berciri khas Indonesia. Kami menawarkan jilbab atau kerudung dan baju dengan berbagai macam bahan, khususnya bahan bermotif khas Indonesia. Contoh motif khas Indonesia adalah batik, abstrak dan motif songket yang beraneka ragam warna dan motifnya. Target kami yaitu anak muda seluruh Indonesia bahkan dari luar negeri karena kami akan memasarkan produk kami secara online melalui media social dan blog yang akan kami optimasi setiap harinya. Kami juga akan memasarkannya offline di daerah Solo dan sekitarnya yang merupakan daerah yang memiliki banyak sekali wanita muslim, siswi, dan mahasiswi karena di Solo dan sekitarnya terdapat banyak Universitas dan Perguruan Tinggi seperti UNS, UNESA, UMS, UNISRI, USB, dan masih banyak lagi. Kami akan mencari reseller, promosi dengan menggunakan pamflet, leaflet, poster dan segala media yang ada. Masyarakat Solo tersebut adalah masyarakat yang mempunyai pola pikir yang sudah maju dan modern. Mereka seringkali mencari fashion-fashion ataupun kebutuhan lainnya yang ter up-to-date. Sehingga, daerah Solo ini sangat tepat untuk membuka usaha fashion, karena banyak mahasiswi dan masyarakat yang modern dan trendy. Dalam tahap pemasaran awal, metode kami yaitu kami akan memberikan potongan harga yang untuk menarik pembeli supaya membeli lagi setelah mengetahui kualitas dari barang kami. Kami akan selalu memberi inovasi dan variasi model baju dan jilbab motif bagi pembeli supaya tidak akan mudah bosan dan selalu ingin membeli produk dari kami. Kami juga akan memberikan kesan produk yang limited edition karena selalu sering update model dan motif. Dalam hal lain, kami akan mendesain home store kami sedemikian rupa untuk menarik para pelanggan kembali, seperti menambah hiasan yang cantik dan variatif yang akan membuat suasana home store nyaman bagi pembeli. Homestore disini adalah gudang kontrakan milik salah satu anggota yang kita manfaatkan untuk homestore.

    Item Type: Other
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
    Depositing User: yulia nurhalimah
    Date Deposited: 24 Jun 2016 11:41
    Last Modified: 24 Jun 2016 11:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27276

    Actions (login required)

    View Item