Sehat Bugar Peternak dan Kambing (SEGAR TERKAM) Laboratorium Ternak Kambing dan Pemberdayaan Peternak Kambing di Desa Musuk Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali

Pranoto, Radin Suryo and Amiec Munawaroh, and Sara Ludiana Putri, and Alfina Fadilatul Mabruroh, and Fatmawati, (2016) Sehat Bugar Peternak dan Kambing (SEGAR TERKAM) Laboratorium Ternak Kambing dan Pemberdayaan Peternak Kambing di Desa Musuk Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2362Kb) | Preview

    Abstract

    Dogma perempuan makhluk kelas dua masih tertanam erat di sebagian masyarakat pedesaan kita. Berbagai ketidakadilan sering kali dialami oleh kaum perempuan. Akses kontrol terhadap keputusan keluarga, partisipasi dalam forum, masih menjadi angan yang masih sulit terealisasikan. Dibutuhkan kerjasama untuk meningkatkan peran perempuan dalam segala bidang, terutama untuk menunjukkan bahwa kaum perempuan jika diberi ruang, mampu membuat gerakan yang tidak bias dipandang sebelah mata. Peternakan dan pertanian adalah mayoritas matapencaharian masyarakat desa. Profesi yang seringkali mendapat cap “pinggiran” karenakesejahteraan yang belum tercapai. Hal yang sangat miris, mengingat Negara Indonesia sebagai negara maritim, bidang pertanian dan peternakan mempunyai potensi untuk menjadi Primadona. Akan tetapi kesehatan para peternak di kesampingkan, ini menjadi hambatan juga untuk bias lebih berkembang. Sebagai upaya pemberdayaan kaum perempuan pedesaan, maka kami menggagas program Sehat Bugar Peternak dan Kambing (SEGAR TERKAM) Laboratorium Ternak Kambing dan Pemberdayaan Peternak Kambing di Desa Musuk Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali. Untuk memantau perkembangan dan kesehatan ternak kambing yang dimiliki oleh warga dan juga kesehatan para peternak kambing itu sendiri. Daerah Musuk selama ini dikenal sebagai salah satu penghasil susu sapi yang terbaik di wilayah Jawa Tengah. Bahkan susu sudah melekat erat sebagai julukan kota Boyolali. Walaupun merupakan daerah rentan bencana karena letaknya yang berada di lereng Merapi, tetapi wilayah Musuk dengan segala kearifan lokalnya mempunyai anugerah berupa tanah yang subur dan ternak yang gemuk – gemuk yang mampu menopang kehidupan warganya. Bekerjasama dengan Kelompok Perempuan Rukun Makmur, sebuah komunitas yang berdiri pada tahun 2012. Dengan adanya SEGAR TERKAM, diharapkan kesehatan ternak kambing yang dipelihara dan juga para peternaknya juga menjadi meningkat, sehingga impian untuk menjadi Kampung Kambing bias terwujud di masa yang akan datang. Ketika kualitas ternak menjadi prioritas maka harus di sertai juga dengan kesehatan para peternaknya maka, harapan terbesar adalah peningkatan kesejahteraan yang dimiliki, lewat sebuah gerakan yang diinisisasi oleh mahasiswa selaku agen of change.

    Item Type: Other
    Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
    Depositing User: yulia nurhalimah
    Date Deposited: 24 Jun 2016 11:32
    Last Modified: 24 Jun 2016 11:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27275

    Actions (login required)

    View Item