FOTONOVELA MISKONSEPSI SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENGURANGI MISKONSEPSI PADA MATA PELAJARAN FISIKA BAGI SISWA SMA

Kolis, Fatma Roudhotul Rafida (2016) FOTONOVELA MISKONSEPSI SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENGURANGI MISKONSEPSI PADA MATA PELAJARAN FISIKA BAGI SISWA SMA. Universitas Sebelas Maret. (Submitted)

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1118Kb) | Preview

    Abstract

    Mata pelajaran Fisika adalah salah satu mata pelajaran dalam rumpun sains yang dapat mengembangkan kemampuan analitis induktif dan deduktif dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peristiwa alam. Tujuan mata pelajaran Fisika SMA dalam Permendiknas nomor 22 tahun 2006 tentang standar Isi diantaranya: 1) menguasai konsep dan prinsip fisika serta mempunyai keterampilan mengembangkan pengetahuan, Keterampilan dan sikap percaya diri sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi; 2) MenguasaI konsep dasar Fisika yang mendukung secara langsung pencapaian kompetensi program keahliannya; 3) Menerapkan konsep dasar Fisika untuk mendukung penerapan kompetensi program keahliannya dalam kehidupan sehari-hari; 4) Menerapkan konsep dasar Fisika untuk mengembangkan kemampuan program keahliannya pada tingkat yang lebih tinggi. Berdasarkan tujuan mata pelajaran Fisika SMA agar dapat menerapkan ilmu Fisika maka siswa terlebih dahulu menguasai konsep dari materi Fisika tersebut. Akan tetapi banyak sekali miskonsepsi yang terjadi pada siswa. Salah satu hal yang menyebabkan banyaknya miskonsepsi pada siswa adalah pembelajaran Fisika yang hanya berorientasi pada produk. Siswa beranggapan bahwa Fisika tidak lebih dari sekedar persamaan dan teori sehingga konsep yang ada pada setiap materi Fisika tidak tersampaikan pada siswa. Oleh karena itu perlu adanya media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai media untuk membelajarkan konsep-konsep Fisika pada siswa. Fotonovela dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran untuk membelajarkan konsep Fisika kepada siswa. Fotonovela adalah media yang menyerupai komik atau cerita bergambar, dengan menggunakan foto-foto sebagai pengganti gambar ilustrasi. Konsep Fisika yang hendak dibelajarkan kepada siswa disajikan dalam bentuk alur cerita dalam fotonovela. Sehingga dalam PKM KC ini kami menawarkan sebuah media yaitu Fotonovela Miskonsepsi Fisika. Dalam fotonovela ini akan disajikan miskonsepsi-miskonsepsi yang sering terjadi pada siswa serta pemecahan masalah dari miskonsepsi yang tercipta dari pemahaman siswa yang beragam. Keyword: Fisika, Miskonsepsi, Fotonovela Miskonsepsi

    Item Type: Other
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: rifqi imaduddin
    Date Deposited: 20 Jun 2016 13:37
    Last Modified: 20 Jun 2016 13:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27209

    Actions (login required)

    View Item