Efektifitas Penggunaan Slurry Cair sebagai Pupuk pada Tanaman Sorgum (Sorghum bicolor (L) Moench) dan Tanaman Jagung (Zea Mays)

SUYONO, DEWANTO and AZZAHRA, ANNISA ULFA and A Y, FIRSTIARDO and HIKMAH, NURUL (2016) Efektifitas Penggunaan Slurry Cair sebagai Pupuk pada Tanaman Sorgum (Sorghum bicolor (L) Moench) dan Tanaman Jagung (Zea Mays). Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (693Kb) | Preview

    Abstract

    Slurry cair adalah hasil pengolahan biogas yang dihasilkan dari feses dan urine ternak. Tanah yang mengandung campuran slurry cair secara fisik tampak agak gembur, berwarna hitam dan kaya akan unsur hara. Kualitas hijauan yang baik sangat dipengaruhi oleh kandungan hara dalam tanah, berbeda dengan tanah tanpa adanya campuran slurry cair yang terlihat berwarna coklat dan kurang gembur. Tanah yang kekurangan unsur hara dapat dibantu dengan penambahan bahan organik yang berasal dari limbah peternakan. Limbah kotoran sapi sebagai salah satu kotoran kandang merupakan zat organik yang besar digunakan sebagai pupuk organik dalam pertanian. Pupuk organik merupakan sisa tanaman, hewan dan sampah organik lainnya yang biasa ditambahkan kedalam tanah sebagai sumber hara tanaman dan juga untuk memperbaiki sifat fisik tanah. Pupuk organik ini tidak mengandung unsur hara dalam jumlah yang besar namun penambahan bahan organik kedalam tanah dapat menurunkan defisiensi nitrogen pada tanaman. manfaat utama pupuk organik adalah dapat memperbaiki kesuburan kimia, fisik dan biologis tanah, selain sebagai sumber hara bagitanaman. Penelitian ini dilakukan guna menentukan jenis tanah yang paling baik sebagai media tanaman yang paling baik dalam pertumbuhan tanaman sorgum (sorgum bicolor L.Moench) dan jagung (Zea mays), serta mengetahui kualitas nutrisi (Bahan Kering, Lemak Kasar, Serat Kasar, Bahan Organik dan Protein Kasar) sorgum (sorgum bicolor L.Moench) dan jagung (Zea mays). Penelitian akan dilaksanakan pada lahan yang terdapat di peternakan rakyat “Izzah Farm” yang berlokasi di dusun Jagoan, kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali. Penelitian ini menggunakan Rancangan Petak Terbagi (RPT) dengan dua faktor perlakuan. Faktor pertama keadaan tanah yang terdiri dari 2 jenis tanah yaitu tanah tanpa campuran slurry cair dan tanah dengan campuran slurry cair. Faktor kedua varietas terdiri dari varietas sorgum (sorgum bicolor L.Moench) dan jagung (Zea mays) biji-2. Analisis data menggunakan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada perlakuan yang berpengaruh nyata. Kata Kunci : Slurry cair, Pupuk Organik, Sorghum, Jagung

    Item Type: Other
    Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Depositing User: anggra prasasti
    Date Deposited: 16 Jun 2016 13:24
    Last Modified: 16 Jun 2016 13:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27187

    Actions (login required)

    View Item