Penggunaan Daun dan Biji Annona muricata Sebagai Pestisida Alami untuk Mengendalikan Nilaparvata lugens pada Oryza sativa

BINAFSIHI, WILY and ARYANI, WIDYA and SARI, SITI KHARISMA FAUZIAH and FAUZAN, ADHIA AZHAR (2016) Penggunaan Daun dan Biji Annona muricata Sebagai Pestisida Alami untuk Mengendalikan Nilaparvata lugens pada Oryza sativa. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (480Kb) | Preview

    Abstract

    Hama Wereng pada padi yang banyak terdapat di Indonesia adalah wereng coklat atau Nilaparvata lugens yang menghisap cairan tanaman, sehingga tanaman padi menguning dan menjadi kering. Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk membasmi hama wereng coklat adalah daun dan biji Annona muricata atau sirsak, karena mengandung repellent (penolak serangga) dan antifeedant (menggurangi nafsu makan serangga). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh komposisi dan dosis dari ekstrak daun dan biji sirsak terhadap mortalitas hama wereng. Penelitian dilakukan dengan menguji esktrak daun dan biji sirsak yang sudah dibuat terlebih dahulu. Pengujian menggunakan rancangan acak lengkap dengan 6 perlakuan, yaitu kontrol menggunakan pestisida Regentekstrak daun 25%, ekstrak daun 50%, ekstrak biji 25%, ekstrak biji 50% dan ekstrak daun 25% ditambahkan ekstrak biji 25%, dengan 3 ulangan. Pengujian dilakukan dengan menyemprotkan cairan pada masing-masing 5 populasi wereng. Analisis data dilakukan dengan Uji F (ANOVA), dilanjutkan dengan Uji lanjut Duncan jika ada perbedaan nyata, masing-masing pada taraf = 0,05. Luaran yang diharapkan adalah selain pestisida alami, juga karya tulis ilmiah (publikasi) di Jurnal Sains Tanah ISSN 1412-3606, Jurusan Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Kata kunci: ekstrak daun dan biji sirsak, mortalitas hama.

    Item Type: Other
    Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Depositing User: anggra prasasti
    Date Deposited: 16 Jun 2016 13:07
    Last Modified: 16 Jun 2016 13:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27183

    Actions (login required)

    View Item