EFEKTIFITAS BIOPESTISIDA DAUN KENTUT (Paederia foetida L.) UNTUK MENGENDALIKAN HAMA WERENG (Siphanta acuta) PADA TANAMAN PADI (Oryza sativa L.)

INSANI, IVANIA CHERIA and HASTOMO, ABIEZA BUDI and BAROKAH, UMI and WULANDARI, ENDAH (2016) EFEKTIFITAS BIOPESTISIDA DAUN KENTUT (Paederia foetida L.) UNTUK MENGENDALIKAN HAMA WERENG (Siphanta acuta) PADA TANAMAN PADI (Oryza sativa L.). Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1764Kb) | Preview

    Abstract

    Penggunaan pestisida di lingkungan pertanian khususnya untuk mengendalikan hama yang menyerang tanaman di persemaian dan tanaman muda saat ini masih menimbulkan dilema. Penggunaan pestisida khususnya pestisida sintetis atau kimia memang memberikan keuntungan secara ekonomis, namun memberikan kerugian diantaranya, residu yang tertinggal tidak hanya pada tanaman tetapi juga air, tanah, dan udara. Penggunaan dalam jangka waktu yang panjang akan menimbulkan efek resistensi dari berbagai jenis hama, termasuk hama wereng. Oleh karena itu, diperlukan sumber energi lain yang mampu menjadi alternatif untuk mengatasi penggunaan pestisida yang semakin hari semakin menjadi. Salah satu sumber pestisida yang sedang dikembangkan adalah biopestisida. Biopestisida bisa didapatkan dari berbagai sumber, salah satunya daun kentut. Selain menjadi solusi pemanfaatan tumbuhan liar, tumbuhan ini ternyata bisa memiliki nilai guna lain, dalam hal ini contohnya adalah biopestisida yang dihasilkan dari daunnya. Salah satu jenis biopestisida yang potensial adalah tumbuhan kentut yang dapat diurai secara alami namun membutuhkan wak tu yang cukup lama. Penelitian ini bertujuan untuk membuat biopestisida dengan bahan baku daun kentut dengan cara fermentasi menggunakan stater bakteri Effective Microorganisme 4 (EM4) yang banyak beredar di pasaran. Metodologi yang digunakan terdiri dari 6 tahap. Persiapan bahan baku, daun kentut dicacah dan dihaluskan, percampuran bahan ke dalam drum/tangki, fermentasi, pengukuran volume, dan terakhir uji lapang di sawah serta aplikasi penyemprotan. EM4 yang digunakan adalah EM4 yang mengandung bakteri asam laktat Lactobacillus dan bakteri fotosintetik serta Streptomyces sp, sehingga diharapkan pembentuka biopestisida dapat terjadi secara maksimal dengan waktu yang relatif singkat. Kata Kunci: biopestisida, fermentasi, daun kentut, EM4

    Item Type: Other
    Subjects: Q Science > QK Botany
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Depositing User: anggra prasasti
    Date Deposited: 16 Jun 2016 12:36
    Last Modified: 16 Jun 2016 12:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27176

    Actions (login required)

    View Item