Bottle Inovation “B-vation” : Industri Kreatif Pemanfaatan Botol Plastik Bekas menjadi Lampion dan Hiasan Rumah sebagai Upaya Mengurangi Limbah Plastik dan Menciptakan Produk Lokal Berdaya Saing Global

RAHMADANI, ALIFAH and BUDI, DADANG ARIS SETYO and SETYARINI, NIKEN and DEWI, TIRANI KOMALA and PUJIASTUTI, (2016) Bottle Inovation “B-vation” : Industri Kreatif Pemanfaatan Botol Plastik Bekas menjadi Lampion dan Hiasan Rumah sebagai Upaya Mengurangi Limbah Plastik dan Menciptakan Produk Lokal Berdaya Saing Global. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2117Kb) | Preview

    Abstract

    Bottle Inovation “B-vation” : Industri Kreatif Pemanfaatan Botol Plastik Bekas menjadi Lampion dan Hiasan Rumah sebagai Upaya Mengurangi Limbah Plastik dan Menciptakan Produk Lokal Berdaya Saing Global Sampah merupakan salah satu permasalahan yang tidak kunjung terselesaikan di Indonesia. Menurut data statistik persampahan domestik Indonesia, jenis sampah plastik menduduki peringkat kedua sebesar 5.4 juta ton per tahun atau 14 persen dari total produksi sampah. Dengan demikian, plastik telah mampu menggeser sampah jenis kertas yang tadinya di peringkat kedua menjadi peringkat ketiga dengan jumlah 3.6 juta ton per tahun atau 9 persen dari jumlah total produksi sampah. Sampah dalam bentuk plastik cukup susah diuraikan. Penelitian menunjukkan bahwa sampah plastik akan terurai dalam jangka waktu 50 juta tahun. Perlu adanya upaya untuk mengurangi jenis sampah plastik ini. Sampah plastik yang dapat dimanfaatkan salah satunya adalah botol plastik. Bentuk botol plastik yang beragam dapat kita manfaatkan sebagai barang yang berguna dan tentunya mempunyai nilai jual. “B-vation” merupakan produk dari botol plastik bekas yang dibuat menjadi souvenir yang memiliki nilai jual. Beberapa produk dari “B-vation” adalah lampion dari botol bekas, tirai jendela dan hiasan dinding. Botol yang akan dibuat menjadi produk “B-vation” dibentuk sedemikian rupa dan diberi pewarna tekstil sehingga menghasilkan warna dan bentuk yang menarik. Peluang penjualan “B-vation” cukup besar karena selama ini belum banyak dijumpai produk sejenis. Sasaran pemasaran produk ini adalah masyarakat umum mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Dengan adanya produk “B-vation” ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan lampion, tirai, dan hiasan dinding. Selain berdampak positif pada sektor eoknomi, adanya produk dari botol plastik bekas ini juga dapat mengurangi pencemaran lingkungan akibat limbah botol plastik. Kata Kunci: B-vation (Bottle Inovation), Botol Plastik, Lampion, Tirai

    Item Type: Other
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Psikologi
    Depositing User: anggra prasasti
    Date Deposited: 15 Jun 2016 16:22
    Last Modified: 15 Jun 2016 16:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27163

    Actions (login required)

    View Item