Super Kripik Sukun Psikologi (SKRIPSI)

MARDHATILLAH, MH AMIN and RATNA, GALIH and HATMI, NANDA AMALINA and ZAKIYAH, ZEIN NOER and UTAMI, TANRI FATMA (2016) Super Kripik Sukun Psikologi (SKRIPSI). Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3197Kb) | Preview

    Abstract

    Budaya konsumtif di masyarakat Indonesia, termasuk dalam mengonsumsi makanan kecil atau camilan berpeluang untuk menciptakan sebuah usaha kuliner. Menurut pengamatan di lingkungan sekitar penulis terdapat cukup banyak persediaan sukun yang belum diolah secara maksimal. Hal tersebut memberi peluang usaha pemanfaatan sukun sebagai camilan untuk dikembangkan. Penulis kembali mengamati mengenai camilan yang paling banyak diminati oleh masyarakat di berbagai kalangan usia tua, muda dan anak-anak. Kebanyakan dari mereka minat mengonsumsi camilan berupa kripik. Pengamatan tersebut memberikan arahan kepada penulis untuk memanfaatkan sukun sebagai camilan berupa kripik atau dinamakan kripik sukun. Kripik sukun memiliki rasa yang enak, gurih, dan renyah. Dari segi harga, kripik sukun memiliki variasi harga yang ekonomis dan terjangkau di berbagai kalangan. Selain itu, sukun sebagai bahan baku juga memiliki manfaat bagi kesehatan karena memiliki kandungan gizi tinggi, seperti karbohidrat, vitamin C, kalsium, dan fosfor. Sebenarnya, kripik sukun sudah ada sejak lama, hanya saja kurang terpublikasi dengan baik di masyarakat khususnya daerah kota. Kendala tersebut membuat penulis tertarik menciptakan sebuah inovasi untuk lebih memajukan peluang usaha kripik sukun. Penulis membuat beberapa inovasi. Inovasi pertama adalah rasa, sukun diolah menjadi kripik bercita rasa pedas. Tidak hanya itu, kadar rasa pedasnya pun bermacam-macam mulai dari level 1 hingga level 3. Kripik sukun juga akan diberikan rasa-rasa yakni rasa jagung manis, coklat, keju, dan BBQ. Inovasi kedua adalah dari segi kemasan. Kripik sukun dikemas rapat dalam plastik untuk menghindari udara masuk, lalu dikemas lagi dalam kertas karton tebal dengan design yang menarik. Inovasi ketiga dari segi pemasaran. Kripik sukun akan dipasarkan secara online dengan memanfaatkan aplikasi yang sedang diminati masyarakat luas dan secara offline dengan menitipkan produk kripik sukun ke beberapa rumah makan. Inovasi tersebut diharapkan akan membuat usaha kripik sukun berkembang dengan baik. Kata kunci: kripik sukun, inovasi, kemasan, pemasaran, rasa.

    Item Type: Other
    Subjects: T Technology > TX Home economics
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Psikologi
    Depositing User: anggra prasasti
    Date Deposited: 15 Jun 2016 14:49
    Last Modified: 15 Jun 2016 14:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27153

    Actions (login required)

    View Item