EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE MNEMONIC SEBAGAI CARA CEPAT MENGHAFAL AL-QUR’AN SECARA MANDIRI PADA ANAK USIA 7-11 TAHUN

APSARI, DIANI AKMALIA and HERNIANTI, ARLITA and SHALIHAH, MUFIDA AMALIA (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE MNEMONIC SEBAGAI CARA CEPAT MENGHAFAL AL-QUR’AN SECARA MANDIRI PADA ANAK USIA 7-11 TAHUN. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2708Kb) | Preview

    Abstract

    Metode Mnemonic merupakan suatu strategi/metode yang digunakan untuk membantu kinerja ingatan berdasarkan prinsip – prinsip penyandian memori jangka panjang. Metode juga membuat penghafal menjadi mandiri dan dapat mengejar bahkan melampaui target masing-masing. Metode ini juga mempercepat proses penghafalan dan bernilai ekonomis karena dapat dibuat sendiri. Penerapan metode mnemonic pada menghafal Al Quran masih jarang digunakan. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk menguji efektivitas metode tersebut untuk menghafal Al Quran dan menghasilkan keuntungan-keuntungan diatas. Penelitian ini menggunakan subjek anak TPA berusia 7-11 tahun yang sudah dapat membaca Al Quran berjumlah 40 anak. Subjek dibagi menjadi dua kelompok yaitu Kelompok Kontrol (KK) dan Kelompok Eksperimen (KE) yang masing-masing berjumlah 20 anak. Variabel yang akan diukur dalam penelitian ini adalah kecepatan dalam menghafal Al Quran yang diukur melalui banyaknya ayat yang telah dihafal selama menggunakan metode mnemonic. Data hasil penelitian ini diolah menggunakan SPSS dengan independent T test. Kata Kunci: Mnemonic, Al Quran

    Item Type: Other
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Psikologi
    Depositing User: anggra prasasti
    Date Deposited: 15 Jun 2016 14:46
    Last Modified: 15 Jun 2016 14:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27152

    Actions (login required)

    View Item