Uji Kemampuan Limbah Serbuk Batang Aren dan Bagasse sebagai Campuran Serbuk Gergaji Kayu dalam Pembuatan Baglog Jamur Tiram Putih

Afri, Hasrul Azam and Dewayani, Della Sukma and Cholifah, Lilis Ike Nur and Lestari, Rina Puji and Pratama, Yofa Odi (2016) Uji Kemampuan Limbah Serbuk Batang Aren dan Bagasse sebagai Campuran Serbuk Gergaji Kayu dalam Pembuatan Baglog Jamur Tiram Putih. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (595Kb) | Preview

    Abstract

    Limbah serbuk batang aren dan bagasse merupakan salah satu permasalahan degradasi lingkungan apabila tidak dikelola dengan baik. Keberadaanya yang sedikit kurang termanfaatkan apalagi di daerah pedesaan membuatnya menjadi semakin kurang berguna dan cenderung diabaikan. Usaha budidaya jamur tiram putih merupakan salah satu usaha yang dapat mendatangkan berbagai peluang yang menjanjikan, salah satunya adalah pembuatan baglog jamur. Baglog jamur umumnya dibuat dari bahan dasar serbuk kayu gergaji dengan perpaduan tepung kanji dan dedak serta bahan lainnya. Masalah akan muncul ketika serbuk gergaji kayu mulai susah didapat sedangkan permintaan baglog jamur terus meningkat seiring besarnya kegiatan budidaya jamur tiram dan meningkatnya jumlah kebutuhan konsumen. Peneliti akan mencoba melakukan eksperimen pengujian kemampuan limbah serbuk batang aren dan bagasse sebagai campuran serbuk kayu gergaji dalam pembuatan baglog. Penelitian ini dilakukan dalam rumah jamur dengan pencahayaan minim dan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dua faktor perlakuan yaitu dengan menggunakan bahan utama baglog dan tepung kanji.

    Item Type: Other
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: fifit puspitasar
    Date Deposited: 14 Jun 2016 19:50
    Last Modified: 14 Jun 2016 19:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27107

    Actions (login required)

    View Item