Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Komunikasi Intrapersonal dengan Kecenderungan Burnout pada Guru Sekolah Menengah Pertama

Amani, Amani (2010) Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Komunikasi Intrapersonal dengan Kecenderungan Burnout pada Guru Sekolah Menengah Pertama. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2222Kb)

    Abstract

    Guru yang tergolong profesi dalam bidang pelayanan masyarakat, dalam bertugas memiliki beban kerja yang tidak sedikit. Dengan beban dan tuntutan kerja yang tinggi akan berdampak negatif pada prestasi kerja seseorang. Guru akan merasa tertekan dapat memunculkan sikap negatif pada siswa (gejala burnout). Pada kondisi tersebut, kecerdasan emosi dan komunikasi interpersonal dinilai dapat membantu mengurangi gejala burnout. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama dengan kecenderungan burnout pada guru Sekolah Menengah Pertama serta mengetahui hubungan masing-masing variabel bebas kecerdasan emosi dan komunikasi interpersonal dengan kecenderungan burnout pada guru Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama swasta se Kecamatan Pasar Kliwon kota Surakarta pada Agustus 2010. Sampel penelitian ini berjumlah 77 guru dengan teknik pengambilan sampel populasi sampling. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala psikologis, yaitu skala kecerdasan emosi dan komunikasi interpersonal yang dibuat sendiri oleh peneliti serta skala kecenderungan burnout yang dibuat dengan modifikasi Maslach Burnout Inventory atau MBI. Hasil analisis data menunjukkan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa ada hubungan negatif signifikan antara kecerdasan emosi dan komunikasi interpersonal dengan kecenderungan burnout pada guru SMP. Hasil perhitungan R Square sebesar 0,325. Angka tersebut mengandung pengertian bahwa dalam penelitian ini kecerdasan emosi dan komunikasi interpersonal memberikan sumbangan efektif sebesar 32,5% terhadap kecenderungan burnout pada guru dengan sumbangan masing-masing variabel sebesar 3,8% untuk kecerdasan emosi dan sebesar 20,07% untuk komunikasi interpersonal. Hal ini berarti masih terdapat 67,5% faktor lain yang mempengaruhi kecenderungan burnout pada guru SMP.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Psikologi
    Depositing User: Budhi Kusumawardana Julio
    Date Deposited: 12 Jul 2013 20:57
    Last Modified: 12 Jul 2013 20:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2710

    Actions (login required)

    View Item