LAMPION (Layanan Medik Primer Online): Aplikasi Berbasis Android sebagai Solusi Pendekatan Hubungan Terapeutik Dokter dan Pasien

HANIFAH, TARANIDA and PRATIWI, YANI DWI and NARULITA, MAULIDA and PRASTOYO, MOECHAMMAD ALVAN and RANOVAN, ROMY (2016) LAMPION (Layanan Medik Primer Online): Aplikasi Berbasis Android sebagai Solusi Pendekatan Hubungan Terapeutik Dokter dan Pasien. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1573Kb) | Preview

    Abstract

    Indonesia memiliki masalah dalam sistem rujukan kesehatan, dimana banyak pasien baru yang langsung berobat ke dokter spesialis/subspesialis tanpa melalui dokter layanan primer. Padahal baik dari segi praktis maupun ekonomis, keberadaan dokter layanan primer sangat menguntungkan, sehingga dokter layanan primer dijadikan sebagai lini pertama pelayanan kesehatan, yang selanjutnya bisa merujuk ke dokter spesialis jika memang kasus yang ditangani bukan termasuk ranah kompetensinya. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, saat ini terdapat berbagai aplikasi online yang mendekatkan pasien dengan dokter, namun hanya sebatas konsultatif saja. Padahal bila kita merujuk pada Undang-Undang Praktik Kedokteran, hal tersebut bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya malpraktik karena dalam menentukan diagnosis seharusnya dokter tidak hanya berdasarkan anamnesis, namun juga pemeriksaan fisik dan penunjang. LAMPION, Layanan Medik Primer Online, solusi atas permasalahan di atas. Aplikasi berbasis android tersebut bisa diakses dan dimanfaatkan oleh pasien dan dokter layanan primer yang telah terdaftar di dalamnya. LAMPION dibuat dalam bentuk prototype aplikasi offline. LAMPION sejalan dengan perubahan budaya bahwa tidak selalu pasien yang mendatangi dokter, tapi dokter juga bisa turun langsung mendatangi pasien agar hubungan terapeutik dokter dan pasien bisa terjalin lebih erat. Selain itu, aplikasi tersebut juga bermanfaat untuk lebih mengefisienkan waktu yang dimiliki dokter layanan primer agar tidak hanya menunggu pasien di balik meja kerja di klinik. LAMPION dilengkapi dengan berbagai fitur untuk mempermudah clientnya, antara lain: Quick Call, Doctor on The Way, Call and SMS, Medical Record, My Wallet, dan lain-lain. Layanan kesehatan dengan prinsip dekat dan mudah dijangkau berbasis teknologi diperlukan untuk semakin menekan angka morbiditas serta mortalitas. Kata kunci: dokter layanan primer, hubungan terapeutik, aplikasi android, online

    Item Type: Other
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Depositing User: anggra prasasti
    Date Deposited: 14 Jun 2016 17:13
    Last Modified: 14 Jun 2016 17:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27086

    Actions (login required)

    View Item