EKSPLORASI DESTINASI WISATA NUSANTARA DENGAN EKSPEDISI DI TANAH KEMBAR CANDI PLAOSAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN DESA BUGISAN

SIBARANI, MARIA CLAUDIA LESTARI and JANNAH, ANA MIFTAHUL and ARIVIANA, ADITA RELATAMA (2016) EKSPLORASI DESTINASI WISATA NUSANTARA DENGAN EKSPEDISI DI TANAH KEMBAR CANDI PLAOSAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN DESA BUGISAN. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3134Kb) | Preview

    Abstract

    Candi Plaosan adalah candi kembar yang berada sejauh 1KM ke arah utara dari Candi Prambanan. Candi Plaosan di bangun oleh Rakai Pitakan untuk permaisyurinya Pramudya Wardani. Candi ini memiliki beberapa keunikan di banding candi lain, yaitu dua candi utamanya yang “Kembar” serta teras yang permukaannya halus. Arsitektur candi ini merupakan perpaduan Hindu dan Budha. Di candi ini juga terdapat figur Vajrapani, Amitbha, dan Prajnaparamitha. Kompleks Candi Plaosan di bagi menjadi dua kelompok yaitu, Candi Plaosan Lord an Candi Plaosan Kidul. Kedua candi itu memiliki teras berbentuk segi empat yang di kelilingi oleh dinding. Tempat bersemedi berbentuk gardu di bagian barat serta stupa di sisi lainnya. Karena kesamaan itu maka kenampakan Candi Plaosan Lor dan Kidul hampir serupa jika dilihat dari jauh sehingga samai sekarang Candi Plaosan juga sering di sebut candi kembar. Seluruh kompleks Candi Plaosan memiliki 116 Stupa Perwara dan 50 Candi Perwara.

    Item Type: Other
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Akuntansi Perpajakan
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Perdagangan
    Depositing User: anggra prasasti
    Date Deposited: 13 Jun 2016 14:57
    Last Modified: 13 Jun 2016 14:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27034

    Actions (login required)

    View Item