“DEBAG JEANS“ (DENIM BAG JEANS) HAND BAG JEANS TRENDY MASA KINI TERBUAT DARI CELANA JEANS BEKAS

Fajariyani, Arsita and Irawati, Oksiana and Sasmito, Anggun and Indriana, Lingga and Nofiarin, Cicik (2016) “DEBAG JEANS“ (DENIM BAG JEANS) HAND BAG JEANS TRENDY MASA KINI TERBUAT DARI CELANA JEANS BEKAS. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1082Kb) | Preview

    Abstract

    Kegiatan kewirausahaan ini dilatar belakangi oleh semakin berkembangnya dunia fashion. Hal ini terbukti pada tahun 2012 jumlah kontribusi pengolahan terhadap PDB industri tekstil menempati peringkat ke 3 setelah pakaian dan sepatu dengan persentase 15% dari total keseluruhan industri pengolahan dalam kontribusinya dalam PDB (Kementerian Perindustrian, 2013). Hal tersebut secara otomatis semakin meningkatkan variasi fashion yang semakin berkembang yang mengakibatkan tingkat konsumsi fashion masyarakat selalu meningkat mengikuti trend mode fashion. Semakin meningkatnya konsumsi fashion mempengaruhi semakin banyaknya pakaian yang tidak terpakai (bekas). Hal ini membuat kami terinspirasi untuk membuat suatu produk dari jeans bekas yang notabene menjadi favorit fashion semua kalangan. Dalam inovasi ini kami akan mengubah celana jeans bekas atau bahan jeans bekas lainnya menjadi suatu produk fashion yaitu tas. Mengingat produksi tas dari tahun 2007 sampai tahun 2012 selalu mengalami peningkatan kapasitas produksi (Kementerian Perindustrian, 2013). Hal tersebut membuat peluang usaha yang terbuka lebar dalam bentuk handbag. Kami akan membuat handbag yang terbuat dari jeans bekas. Tapi tidak menutup kemungkinan kami akan menggunakan bahan kain lain termasuk kain perca (kain bekas jahitan). Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah menumbuhkan jiwa kewirausahaan dalam diri kita pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Untuk mendorong program pemerintah dalam ekonomi kreatif. Tujuan yang lain adalah menggerakkan masyarakat agar tidak membuang pakaian bekas secara sembangan terutama yang berbahan jeans. Untuk mengurangi pencemaran lingkungan serta meningkatkan nilai guna dan nilai ekonomis barang tersebut. Pangsa pasar yang akan kami tuju adalah produk tas model casual dengan segmentasi pelanggan usia 13 tahun keatas. Untuk rencana kegiatan, kami membeli dari masyarakat kemudian kami mendesain sesuai keinginan serta model yang sedang trend.

    Item Type: Other
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Depositing User: anggra prasasti
    Date Deposited: 12 Jun 2016 21:28
    Last Modified: 12 Jun 2016 21:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27027

    Actions (login required)

    View Item