BUDAYA KEKERASAN PADA PERALIHAN KEKUASAAN DI MESIR: STUDI KASUS TERHADAP JATUHNYA PEMERINTAHAN HOSNI MUBARAK DAN MUHAMMAD MURSI (2011-2013)

NASUTION, DEDY DARMAWAN (2016) BUDAYA KEKERASAN PADA PERALIHAN KEKUASAAN DI MESIR: STUDI KASUS TERHADAP JATUHNYA PEMERINTAHAN HOSNI MUBARAK DAN MUHAMMAD MURSI (2011-2013). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (900Kb) | Preview

    Abstract

    Budaya Kekerasan pada Peralihan Kekuasaan di Mesir: Studi Kasus Terhadap Jatuhnya Pemerintahan Hosni Mubarak dan Muhammad Mursi (2011-2013). Penelitian skripsi ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menggambarkan berbagai kekerasan yang dilakukan oleh masyarakat sipil, polisi dan militer pada revolusi Mesir 2011 dan 2013 dan (2) mengetahui sebab-sebab terjadinya kekerasan yang terjadi pada peristiwa penurunan Hosni Mubarak dan Muhammad Mursi dari jabatannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dikaji dengan model studi kasus tunggal. Paradigma yang digunakan adalah paradigma naturalistik. Data diperoleh dari wawancara beberapa tokoh pengamat dan informan yang mengalami kejadian, penelusuran dokumen, dan kepustakaan. Tahap analisis data menggunakan analisis model interaktif yaitu melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil temuan dalam penelitian ini adalah kekerasan yang terjadi terbagi menjadi dua jenis yaitu simbolik dan fisik. Kekerasan simbolik berupa penggunaan media jejaring sosial Facebook dan Twitter. Adapun kekerasan fisik berupa aksi demonstrasi yang melahirkan bentrokan fisik baik antar masyarakat sipil maupun dengan aparat keamanan yang menyebabkan lemahnya keamanan nasional Mesir. Kekerasan-kekerasan tersebut terjadi karena hegemoni pemerintahan Hosni Mubarak yang otoriter (revolusi 2011) dan hegemoni pemerintahan Muhammad Mursi yang belum menguasai seluruh perangkat negara (revolusi 2013). Kata Kunci : Revolusi Mesir, Kekerasan Simbolik dan Fisik, Masyarakat Sipil, Polisi dan Militer.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Sastra Arab
    Depositing User: rifqi imaduddin
    Date Deposited: 12 Jun 2016 14:11
    Last Modified: 12 Jun 2016 14:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27022

    Actions (login required)

    View Item