GUBUG “PUZCARAYA” (Puzzle Hanacaraka Berbudaya) SEBAGAI USAHA PEMAKSIMALAN KREATIVITAS MAHASISWA MENJADI BISNIS DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN YANG BERKELANJUTAN

Algun Ihwan Luqmana, Dede and Kusdaroji, Reno and Istini, Eka and Nursyamsu Indrajati, Besus (2016) GUBUG “PUZCARAYA” (Puzzle Hanacaraka Berbudaya) SEBAGAI USAHA PEMAKSIMALAN KREATIVITAS MAHASISWA MENJADI BISNIS DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN YANG BERKELANJUTAN. UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2159Kb) | Preview

    Abstract

    Gubug PUZCARAYA adalah program kreativitas mahasiswa bidang kewirausahaan yang aktivitasnya memproduksi dan memasarkan PUZCARAYA (Puzzle Hanacaraka Berbudaya), sebuah alat permainan berupa puzzle bertema kebudayaan jawa yaitu huruf Jawa hanacaraka yang dirancang untuk anak usia sekolah TK-SD, berguna untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang aksaraaksara Jawa dari mulai pasangan aksara tersebut, sandhangan aksara Jawa yang ada, sampai dengan tanda-tanda baca pada aksara Jawa tersebut. Kurang pahamnya dan kurang mengetahuinya siswa-siswa tentang aksara Jawa di mana dijadikan sebagai mata pelajaran muatan lokal ini lah yang memotivasi kami untuk memproduksi puzzle PUZCARAYA ini. Tujuannya adalah untuk memasarkan alat permainan yang dapat membantu guru untuk memperkenalkan aksara Jawa pada mata pelajaran bahasa Jawa dan memeperkenalkan aksara Jawa kepada generasi muda sejak dini melalui alat permainan yang kami pasarkan. Selain itu, dengan adanya Gubug PUZCARAYA juga akan memaksimalkan keahlian rekan-rekan kami berupa penghasilan yang dapat meningkatkan kemandirian ekonomi anggota kami. Dalam perjalanannya sehingga nanti Gubug PUZCARAYA bisa benarbenar menjadi badan usaha resmi, sebagai produsen PUZCARAYA yang telah dipatenkan, maka beberapa hal yang menjadi point untuk mencapai target utama dalam marketing adalah dengan pembuatan website Gubug PUZCARAYA dan membangun jaringan sales distributor yaitu rekan-rekan salah satu anggota kami yang berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan khususnya Jurusan PG PAUD di Universitas Sebelas Maret baik yang sudah, sedang, ataupun yang akan melaksanakan PPL (Praktek Pengajaran Lapangan) ke sekolah-sekolah khususnya wilayah Jawa Tengah yang memiliki mulok tentang pengenalan bahasa Jawa pada kurikulumnya. Selain itu, juga dengan menjadikan para customer potensial untuk menjadi agen pemasaran dimasing-masing wilayahnya. Dengan demikian, pelaksanaan aktivitas marketing akan menjadi lebih luas dan ringan, yang kemudian dalam bidang produksi kami akan bisa menyerap tenaga kerja yang dalam kata lain juga tetap bisa memberikan manfaat berupa lapangan pekerjaan bagi rekan mahasiswa yang lain. Pada akhirnya PKM K ini bisa menjadikan kami menjadi mahasiswa yang mandiri dan berjiwa wirausaha dan bisa menjadi bisnis yang berkelanjutan. Kata kunci: PUZCARAYA, aksara, jawa, permintaan

    Item Type: Other
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: dian pratiwi
    Date Deposited: 12 Jun 2016 05:32
    Last Modified: 12 Jun 2016 05:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27014

    Actions (login required)

    View Item