MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 02 MOJOWETAN, KECAMATAN BANJAREJO, KABUPATEN BLORA, TAHUN 2009/ 2010

DWI HARYANTI, ERNI (2010) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 02 MOJOWETAN, KECAMATAN BANJAREJO, KABUPATEN BLORA, TAHUN 2009/ 2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2241Kb)

    Abstract

    Standar proses pendidikan adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satu satuan pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan ( Peraturan Pemerintahan No.19 Tahun 2005 Bab I Pasal 1 Ayat 6 ). Standar proses pelaksanaan pembelajaran yang berarti dalam standar proses pendidikan berisi tentang bagaimana seharusnya proses pembelajaran berlangsung. Dengan demikian, standar proses pendidikan dimaksudkan untuk dijadikan pedoman bagi guru dalam pengelolaan pembelajaran. Dalam mata pelajaran bahasa Indonesia diajarkan tentang keterampilan berbahasa. Keterampilan berbahasa meliputi keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca dan keterampilan menulis. Keterampilan berbahasa tersebut tidak hanya digunakan dalam mempelajari mata pelajaran bahasa Indonesia, akan tetapi digunakan juga untuk mempelajari bidang mata pelajaran yang lain. Tanpa memahami keterampilan berbahasa tersebut, tidak mungkin dapat memahami mata pelajaran yang lain dengan baik. Salah satu keterampilan berbahasa adalah keterampilan membaca. Di dalam keterampilan membaca antara lain mempelajari tentang membaca permulaan. “Membaca permulaan adalah pengajaran membaca awal yang diberikan kepada siswa kelas I dengan tujuan agar siswa terampil membaca serta mengembangkan pengetahuan bahasa dan keterampilan berbahasa guna menghadapi kelas berikutnya”. Keterampilan membaca permulaan sangat perlu untuk diteliti karena dengan meneliti, kita dapat mengetahui dengan pasti seberapa jauh keterampilan membaca permulaan yang dimiliki oleh siswa. Keterampilan membaca permulaan sebagai salah satu keterampilan berbahasa yang perlu dimiliki oleh siswa Sekolah Dasar kelas I. Peranan pengajaran bahasa Indonesia khususnya pengajaran membaca di Sekolah Dasar menjadi sangat penting karena keterampilan ini secara langsung berkaitan dengan seluruh proses belajar siswa di Sekolah Dasar. Keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar di sekolah sangat ditentukan oleh penguasaan keterampilan membaca mereka. Siswa yang tidak terampil membaca dengan baik akan mengalami kesulitan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Dalam kenyataannya, keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 02 Mojowetan, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, masih rendah. Rendahnya keterampilan membaca permulaan dapat disebabkan dari berbagai sebab. Berdasarkan observasi dan wawancara dari siswa bahwa pelajaran bahasa Indonesia kurang menarik dan membosankan. Hal tersebut membuat siswa kurang serius dalam mengikuti pelajaran bahasa Indonesia. Dipandang dari segi guru, kurangnya keterampilan membaca permulaan disebabkan karena dalam proses pembelajaran guru hanya ceramah kepada siswa. Hal lain dapat disebabkan karena guru kurang tepat dalam penggunaan media. Apabila hal ini dibiarkan dampaknya anak akan mengalami kesulitan dalam pembelajaran di kelas selanjutnya.Bila masalah ini tidak ditingkatkan maka anak akan kesulitan dalam memahami sumber belajar yang berupa tulisan. Banyak cara salah satunya yang dapat digunakan peneliti untuk menggali informasi berupa tulisan dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan antara lain dengan menggunakan media gambar seri. Dengan menggunaka n media gambar seri pada pembelajaran membaca permulaan diharapkan perhatian siswa lebih terfokus dan siswa lebih tertarik sehingga akan memberikan pengalaman yang nyata. Selain itu media gambar seri dapat mempermudah siswa dalam pembelajaran membaca permulaan dan melatih siswa lebih berpikir aktif, kreatif serta melatih siswa untuk lebih mudah dan cepat dalam belajar membaca permulaan. Misalnya jika akan menjelaskan tentang tema permainan maka guru dapat mempersiapkan dan menyajikan media gambar yang menarik yang sesuai dengan tema tersebut, contohnya anak sedang bermain bersama-sama, dengan media yang menarik, siswa akan lebih tertarik sehingga konsentrasi siswa terfokus pada materi membaca permulaan, apabila siswa sudah tertarik dengan media gambar tersebut, siswa akan lebih mudah mengerti dan memahami pada materi membaca permulaan sehingga dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan. Media gambar seri merupakan salah satu media visual yang sering digunakan dalam menyampaikan materi pelajaran yang dapat memberikan nilai yang sangat berarti, terutama dalam membentuk pengertian baru dan untuk memperjelas pengertian tentang sesuatu. Menurut Sudjana dan Rivai dalam Azhar Arsyad (2005: 24) media akan membantu kelancaran, efisiensi dan efektivitas. Pembelajaran melalui media akan menjadikan siswa berlatih, bermain asyik dan bekerja. Dengan demikian media dapat membantu menghidupkan suasana kelasnya dan menghindari suasana monoton dan membosankan sehingga dapat menciptakan proses pembelajaran menjadi lebih menarik. Oleh karena itu keterampilan manajerial pembelajaran guru harus senantiasa mewaspadai pembelajaran yang berorientasi pada media gambar seri terhadap membaca permulaan. Sri Anitah (2009: 8) mengemukakan bahwa media gambar mempunyai kelebihan antara lain : (1) dapat menerjemahkan ide-ide abstrak ke dalam bentuk yang lebih nyata, (2) banyak tersedia dalam buku-buku, (3) sangat mudah dipakai karena membutuhkan peralatan, (4) relatif tidak mahal, (5) dapat dipakai untuk berbagai tingkat pelajaran dan bidang studi. Menurut Kemp dan Dyton dalam Azhar Arsyad (2005: 19) Media merupakan salah satu komponen yang tidak bisa diabaikan dalam pengembangan sistem pengajaran yang sukses, dengan media dapat membantu guru dan siswa melakukan komunikasi dua arah secara aktif. Sejalan dengan perubahan pandangan tentang pengertian belajar mengajar, maka berubah pula pandangan terhadap media. Media tidak lagi dipandang hanya sebagai alat bantu yang digunakan jika perlu tetapi media dapat membantu guru dalam menyalurkan pesan. Semakin baik media yang digunakan, semakin baik pula pesan yang diterima siswa. Dalam hal ini media akan membantu siswa dalam memahami pelajaran membaca permulaan. Dalam proses belajar mengajar kehadiran media cukup penting khususnya media gambar seri. Dengan media gambar seri siswa lebih menyukainya apalagi gambar dibuat dan disajikan sesuai dengan persyaratan yang baik, sudah tentu akan menambah semangat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, terlebih lagi dalam pelajaran membaca permulaan di kelas I. Dengan gambar seri siswa termotivasi untuk belajar dan terus menerus belajar, sehingga rasa keingintahuan siswa besar dan mendorong siswa selalu belajar membaca dan kode pikirannya siswa semakin terampil membaca permulaan di kelas I. Tahap awal sebelum melaksanakan penelitian ini, peneliti melakukan observasi di kelas I. Hasil observasi yang diperoleh adalah keterampilan siswa sedang, tingkat ketertarikan siswa terhadap pelajaran rendah, kemampuan membaca permulaan rendah, kemampuan membedakan huruf sedang, dan keterampilan membaca permulaan rendah. Faktor-faktor yang berpengaruh dalam proses pembelajaran dapat diklasifikasikan yaitu faktor dari dalam diri siswa seperti faktor motivasi belajar, dan faktor yang berasal dari luar diri siswa seperti faktor kelengkapan peralatan atau media dalam pembelajaran. Masalah yang terjadi di kelas I SD Negeri 02 Mojowetan ini adalah siswa belum terampil membaca. Apabila masalah ini tidak cepat diatasi siswa akan mengalami banyak kesulitan dalam mempelajari berbagai bidang studi kelas selanjutnya. Oleh karena itu, untuk meningkatkan membaca permulaan khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia diperlukan media khususnya media gambar seri. Media gambar seri merupakan media pandang dua dimensi yang dirancang secara khusus untuk mengkomunikasikan pesan pembelajaran.Ada beberapa contoh media dua dimensi antara lain grafik, bagan, diagram, poster, kartun dan komik. Penggunaan media ini diharapkan dapat membantu siswa agar lebih mudah dan berhasil dalam membaca permulaan di kelas I. Berdasarkan latar belakang tersebut dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca permulaan dapat meningkat jika dalam proses pembelajarannya menggunakan media, khususnya menggunakan media gambar seri. Hal ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian dengan judul “Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas I SD Negeri 02 Mojowetan, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora Tahun 2009 / 2010”

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Budhi Kusumawardana Julio
    Date Deposited: 12 Jul 2013 20:45
    Last Modified: 12 Jul 2013 20:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2699

    Actions (login required)

    View Item