SUMPAH SEMUA BOY (“Susu Rempah Sehat, Murah dan Awet Boyolali”) Guna Meningkatkan Taraf Hidup Peternak Sapi Perah Kecamatan Cepogo Boyolali serta Membantu Terwujudnya Program Swasembada Susu 2020

Rifki, Muhammad and Fauziah, Nur Aini Dyah and Salsabila, Huwaidaus and Addawiyah, Fazat Robiah and Lestari, Mardiyana Dwi (2016) SUMPAH SEMUA BOY (“Susu Rempah Sehat, Murah dan Awet Boyolali”) Guna Meningkatkan Taraf Hidup Peternak Sapi Perah Kecamatan Cepogo Boyolali serta Membantu Terwujudnya Program Swasembada Susu 2020. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1219Kb) | Preview

    Abstract

    Susu merupakan sumber protein hewani yang berasal dari mamalia salah satu penghasil susu terbanyak adalah sapi perah. Susu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Namun konsumsi susu di Indonesia masih sangat rendah jika dibandingkan dengan negara lain. Produksi susu di Indonesia sendiri masih sangat rendah, hampir 80% kebutuhan dalam negeri dicukupi dari impor, padahal di Indonesia sendiri terdapat beberapa wilayang yang mampu menghasilkan susu dan potensial untuk memenuhi kebutuhan susu nasional. Boyolali merupakan sebuah kabupaten kecil yang berada di Provinsi Jawa Tengah dan dikenal dengan sebutan kota susu, karena merupakan sentra peternakan sapi perah terbesar di Jawa Tengah dan komoditas susu sapinya mampu mengharumkan Kabupaten Boyolali di tingkat Nasional. Sentra peternakan sapi perah di Boyolali dipusatkan di kecamatan Cepogo dan mampu menghasilkan total produksi susu sapi per tahun mencapai 30.500 juta liter. Seiring berkembangnya zaman, banyak terjadi penurunan populasi sapi perah di beberapa wilayah di Indonesia, termasuk di Cepogo. Penurunan jumlah populasi ini terjadi salah satunya karena rendahnya harga susu di IPS dan mahalnya harga pakan, sehingga peternak banyak mengalami kerugian. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis menggagas suatu cara utuk mengatasi rendahnya harga susu di kabupaten Boyolali ini, yaitu melalui inovasi pengolahan susu menjadi “ SUMPAH SEMUA BOY” susu rempah aneka rasa yang dikemas sedemikian rupa sehingga nilai ekonomisnya dapat ditingkatkan. Susu segar yang dihasilkan peternak diolah dengan cara pasteurisasi kemudian diberi flafour aneka rempah yang bermanfaat bagi kesehatan, susu hasil pasteurisasi ini kemudian dikemas dalam kemasan cup dan botol baru dipasarka. Target pemasaran dari produk ini adalah anak-anak usia sekolah dasar karena pada usia inilah mereka membutuhkan nutrisi yang terkandung dalam susu. Melalui SUMPAH SEMUA BOY ini diharapkan pendapatan peternak dapat meningkat dan konsumsi susu per kapita masyarakat juga lebih baik, sehingga peternak kembali bersemangat untuk beternak sapi perah dan terwujudnya swasembada susu 2020.

    Item Type: Other
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Depositing User: sholikun ikun
    Date Deposited: 11 Jun 2016 16:47
    Last Modified: 11 Jun 2016 16:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26983

    Actions (login required)

    View Item