KOSTRAT ( KOPERASI KONSENTRAT)SEBAGAI SARANA PENYEDIA PAKAN KONSENTRAT BAGI PETERNAK DI DUSUN NGLANGKIR GUNA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS TERNAK

Widyaningrum, Binti and Rohana, Alfrida and Bardi, Asprilla (2016) KOSTRAT ( KOPERASI KONSENTRAT)SEBAGAI SARANA PENYEDIA PAKAN KONSENTRAT BAGI PETERNAK DI DUSUN NGLANGKIR GUNA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS TERNAK. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1453Kb) | Preview

    Abstract

    Dusun Nglangkir merupakan sebuah dusun dimana penduduknya mayoritas petani dan hampir 80% penduduknya memiliki ternak. Kesulitan yang masyarakat hadapi adalah mereka kesulitan membeli konsentrat sebagai pakan ternak karena harganya mahal. Di Dusun Nglangkir banyak terdapat bahan baku konsentrat namun masyarakat tidak tahu cara mengolah bahan tersebut menjadi konsentrat.Bahan baku konsentrat kebanyakan merupakan hasil ikutan pertanian, oleh karena itu melalui PKM-M ini kami ingin mendirikan sebuah koperasi konsentrat dimana didalam koperasi tersebut masyarakat dapat memberikan setoran berupa hasil ikutan pertanian seperti dedak padi, jagung tak layak jual,bungkil kedelai, dan lain-lain yang bisa dijadikan bahan baku pembuatan kosentrat. Setelah setoran terkumpul bahan tersebut diolah oleh para naggota menjadi konsentrat. Konsentrat yang dihasilkan kemudian dimanfaatkan oleh kepada anggota, jika konsentrat yang dihasilkan melebihi kebutuhan para anggota konsentrat tersebut bisa dijual ke pihak luar dan uang hasil penjualan bisa dijadikan dana operasional koperasi. Adanya koperasi konsentrat ini ketersediaan konsentrat dapat terjaga kontinuitasnya dan harga konsentrat dipastikan lebih murah dibandingkan di pasaran. Harga konsentrat di pasaran berkisar 7.500 per kg, sedangkan di koperasi konsentrat diperkirakan harganya 4000 per kg. Harapan kami dengan kemudahan para peternak dalam memperoleh konsentrat dapat meningkatkan produktifitas ternak di daerah tersebut. Kata kunci : Koperasi, hasil ikutan ternak, konsentrat sapi potong.

    Item Type: Other
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Depositing User: sholikun ikun
    Date Deposited: 11 Jun 2016 16:11
    Last Modified: 11 Jun 2016 16:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26962

    Actions (login required)

    View Item