PENGARUH SUPLEMENTASI GEL LIDAH BUAYA TERHADAP KUALITAS ORGANOLEPTIK BOLA (BAKSO ALOE VERA) SEBAGAI BENTUK DIVERSIFIKASI PANGAN

Aji, Hutama Puranto and Wibowo, Bayu Agung Gilang and Wulandari, Ika and Hasanah, Reni Wulan (2016) PENGARUH SUPLEMENTASI GEL LIDAH BUAYA TERHADAP KUALITAS ORGANOLEPTIK BOLA (BAKSO ALOE VERA) SEBAGAI BENTUK DIVERSIFIKASI PANGAN. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (4Mb) | Preview

    Abstract

    Salah satu produk olahan daging sapi yang sudah lama dikenal dan sangat digemari masyarakat Indonesia adalah bakso. Bakso pada zaman sekarang banyak yang mengandung senyawa kimia berbahaya, contohnya STPP yang dalam penggunaannya diatur oleh pemerintah dan boraks yang dilarang oleh pemerintah. Pendistribusian bakso di wilayah Indonesia sudah sangat luas sehingga produk ini memegang peranan penting dalam penyebarluasan protein hewani bagi konsumsi zat gizi masyarakat Indonesia. Potensi lidah buaya sangat baik untuk dikembangkan, salah satunya pengembangan produk lidah buaya atau Aloe vera sebagai bahan peningkatan kualitas organoleptik suatu produk. Kandungan antioksidan, serta kasar yang tinggi, glukosa dan tanin dapat meningkatkan kualitas organoleptik pada bakso. Kualitas organoleptik bakso meliputi aroma, rasa, tekstur dan daya terima secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suplementasi dan persentase terbaik gel lidah buaya terhadap kualitas fisik BOLA (Bakso Aloe Vera). Penelitian ini menggunakan desain (Rancangan Acak Lengkap) RAL searah dengan 5 perlakuan serta 5 ulangan, yaitu P0 (Bakso + 0 % gel lidah buaya); P1 (Bakso + 2% gel lidah buaya) ; P2 (Bakso + 4% gel lidah buaya); P3 (Bakso + 6% gel lidah buaya) dan P4 (Bakso + 8% gel lidah buaya). Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah memanfaatkan lidah buaya yang biasanya hanya digunakan sebagai bahan tambahan ada obat dan kosmetik dalam penelitian ini digunakan sebagai tambahan pada bahan pangan yaitu pada bakso, memberikan informasi dan pengetahuan tentang suplementasi gel lidah buaya ke dalam bakso daging sapi serta meningkatkan nilai guna gel lidah buaya kedalam bakso. Kata kunci: Bakso, daging sapi, lidah buaya, suplementasi, kualitas organoleptik.

    Item Type: Other
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Depositing User: sholikun ikun
    Date Deposited: 11 Jun 2016 14:41
    Last Modified: 11 Jun 2016 14:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26945

    Actions (login required)

    View Item